Sampai 2030, MRT Jakarta Ingin Operasikan 231 Kilometer

- Minggu, 17 November 2019 | 17:44 WIB
Seorang perempuan bersama anak-anaknya tiba di di sebuah stasiun saat uji coba Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, 12 Maret 2019. (Reuters)
Seorang perempuan bersama anak-anaknya tiba di di sebuah stasiun saat uji coba Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, 12 Maret 2019. (Reuters)

Dalam kurun waktu sepuluh tahun mendatang, PT MRT Jakarta menargetkan pembangunan jalur MRT bisa mencapai 231 kilometer (km). Saat ini, baru ada MRT jurusan Lebak Bulus-Bunderan HI sejauh 16 kilometer.

Pemerintah telah mencanangkan, pembangunan fase II A jurusan Bundaran HI ke Kota, sepanjang 5,8 km dengan tujuh stasiun konstruksinya akan dilakukan pada tahun depan dan selesai pada 2025.

Setelah pembangunan fase II A, PT MRT Jakarta akan melanjutkan pembangunan akan dilanjutkan dengan pembangunan fase II B, yaitu dari Kota ke Ancol Barat. 

"Jadi praktis, masih ada sekitar 200 km yang harus dikejar hingga 2030," ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi seperti dilansir VOA. 

Ia mengaku optimis semuanya akan selesai sesuai dengan yang ditargetkan. Karena setiap fase, pembangunannya akan dilakukan secara paralel. 

Selain mengejar pembangunan jalur, PT MRT Jakarta menargetkan menjadi operator kelas dunia di 2023. Hal ini berkaca pada fasilitas kereta yang digunakan, pelayanan, kebersihan, kenyamanan, dan keamanan yang dimiliki oleh MRT Jakarta sudah bertaraf internasional.

Ia mencontohkan terowongan MRT Jakarta dirancang agar tahan gempa bumi hingga sembilan skala richter. Selain itu stasiun-stasiun bawah tanah MRT Jakarta juga sudah didesain agar tak terkena banjir sampai 200 tahun.

"MRT Jakarta, insya Allah di 2023, kami seharusnya sudah jadi world class operator setara dengan operator yang ada di dunia ini, seperti Jepang, Hong Kong, Singapura," ujarnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:
 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X