PLN Siapkan Nomor WhasAPP untuk Dapatkan Akses Diskon

- Jumat, 3 April 2020 | 17:09 WIB
Ilustrasi Meteran Listrik PLN. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)
Ilustrasi Meteran Listrik PLN. (Foto: ANTARA/Nova Wahyudi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan stimulus ekonomi dalam kondisi darurat virus corona, salah satunya yaitu memberi insentif dalam pembayaran PLN masyarakat tingkat bawah.

Besarannya ialah gratis selama 3 bulan untuk pelanggan 450 VA selama tida bulan yaitu April, Mei, dan Juni. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA akan diberikan diskon 50% dari tarif selama 3 bulan juga.

Wakil Dirut PLN Darmawan Prasodjo mengatakan untuk mengetahui cara mengakses diskon pada token, pertama dengan menggunakan nomor WhatsApp yaitu dengan menghubungi kontak ke 0812 2123 123.

"Disitu ketik apa saja langsung akan mendapatkan balasan, terus kemudian diminta masukkan ID pelanggan. Dari ID pelanggan akan ada kode token listrik gratis yang kemudian bisa dimasukkan pada KWH meter untuk mendapatkan diskonnya atau gratisannya," kata Darmawan di Gedung BNPB Jakarta, Jum'at, (3/4/2020)

Dia mengatakan untuk nomor WA, hari-hari ini mendapatkan laporan sedikit ada bermasalah, bukan dari pihak PLN nya, tetapi dari pihak whatsapp yang sedang meng-update server lantaran traficnya akan sangat tinggi.

Untuk itu, nomor whatsApp 0812 2123 123 akan bisa berjalan mulai hari Senin. PLN juga menyediakan akses website resmi yaitu www.pln.co.id. kemudian pilih menu pelanggan, di situ sudah ada sub menu namanya stimulus Covid 19 seperti arahan dari bapak presiden.

Dipersilakan memasukkan ID pelanggan dan atau nomor meternya kemudian masuk ke token listrik gratis, akan ditampilkan layarnya.

"Kemudian begitu token listrik gratis nya berhasil didapatkan dipersilahkan pelanggan memasukkan angka tersebut ke KWH meter, agar bisa mendapatkan gratisan nya atau diskonya sesuai dengan arahan dari pemerintah tersebut," katanya.

Dalam kesempatan itu, Darmawan mengungkapkan untuk pelanggan 900 VA, diskon hanya diberikan pada golongan R1 bersubsidi. Sedangkan pelanggan 900 VA tidak bersubsidi tidak akan mendapatkan diskon.

"Sekali lagi saya tekan kan, bahwa 900 VA ini untuk yang R1 khusus yang bersubsidi," ucapnya.

Dia menyatakan pasca Presiden Jokowi menginformasikan kepada publik (31/3/2020) kemarin, PLN langsung menjalankan program token gratis, baik itu untuk R1 450 VA full gratis atau R1 900 VA yang bersubsidi, yaitu ada diskon 50%.

"Untuk 450 VA yang Pra Bayar atau yang menggunakan token. Maka disini setiap bulannya PLN akan memberikan Token gratis. Sebesar apa? yaitu sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian selama 3 bulan terakhir. Jadi yang tertinggi selama 3 bulan terakhir," ungkapnya.

Untuk 900 VA pascabayar, sambungnya, nanti rekening listriknya dibayar 50% diakhir bulan. Untuk 900 VA yang prabayar atau menggunakan token setiap bulannya diberikan token gratis sebesar 50%, hitunganya dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian selama 3 bulan terakhir.

"Jadi ini senario pelaksanaannya," jelasnya.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X