Gelar Voting Cawagub DKI, Panlih Siapkan Protokol Khusus

- Senin, 6 April 2020 | 10:17 WIB
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis (kanan). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria (kiri) dan Cawagub DKI Jakarta dari PKS, Nurmansjah Lubis (kanan). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Panitia Pemilihan (Panlih) menggelar pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta yang baru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Rencananya pemilihan dalam yang rapat paripurna dewan ini berlangsung pukul 10.00 WIB.

"Ya jam 10. Kemarin sudah kita atur (proses pemilihan)," kata Anggota Panlih, S Andyka di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Andyka mengatakan, dalam pemilihan ini pihaknya juga melibatkan pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan untuk melihat langsung bagaimana proses pemilihan, yang tetap menerapkan physical distancing dan social distancing.

Semua ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang saat ini mewabah di Ibu Kota.

"Artinya, kita menata cukup baik dengan protokoler yang cukup baik juga. Memang, dalam ruangan kita tata bahwa jarak antar meja yang mulanya diisi dua orang, sekarang hanya diisi satu orang saja," ungkapnya.

"Jadi, di dalam hanya ada 54 sesuai persyaratan kuorum, ditambah dua kursi untuk saksi sebanyak sembilan dan sembilan untuk Panlih. Serta lima pimpinan dewan. Di dalam ruangan tidak lebih dari 100 (orang) lah," tambahnya.

Dia menambahkan, dalam ruang rapat paripurna pada agenda pemilihan Cawagub DKI Jakarta, membatasi jumlah orang yang masuk ke dalam. 

Jika sudah sebanyak 100 orang, maka yang lain harus menunggu giliran masuk demi tetap menjaga jarak guna atau physical distancing untuk mencegah penularan virus corona.

"Istilahnya ada kloter ya, yang kedua menunggu di ruang transit. Sistem duduk di ruang transit juga kita tata. Sistem silang, di-cross, di ruang paripurna maupun ruang transit," tambahnya.

"Yang bisa masuk (ruang paripurna) hanya yang mendapat undangan," tegasnya.

Selain menerapkan imbaun physical distancing oleh pemerintah, Panlih juga menyampaikan kamera pendeteksi suhu tubuh sehingga dari jauh panas tubuh para tamu yang datang sudah terdeteksi. Lalu, 
di pintu masuk ruangan disiapkan spray hand sanitizer dan thermal gun.

"Hand sanitizer jadi ada satu ruangan, lalu ada thermal gun. Setelah itu ada metal detector, apabila ada yang ditemukan panas di atas 37,5 derajat itu kita siapkan satu tenda khusus dengan ada petugas yang pakai APD, kita siapkan. Semoga berjalan baik dari dukungan media juga," harapnya.

Dua Cawagub DKI Jakarta akan dipilih Anggota DPRD dalam rapat paripurna yang dilangsungkan hari ini. Kedua calon itu ialah Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmasjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Sebelumnya, kedua Cawagub DKI Jakarta telah mengikuti rangkaian tahapan pemilihan yakni penyampaian visi misi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X