Begini Pola Orang Indonesia Pesan Makanan Secara Online

- Kamis, 19 September 2019 | 17:58 WIB
Ilustrasi pesan antar makanan (gofood)
Ilustrasi pesan antar makanan (gofood)

Lembaga survei Nielsen Singapura telah merilis hasil risetnya mengenai Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market. Hasilnya, mengungkapkan 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu platform online.

Masyarakat Indonesia dinilai menyukai kuliner siap santap di luar rumah, meskipun masih ada yang belum menggunakan aplikasi untuk memesan-antar makanan.

Bahkan, 95 persen konsumen urban Indonesia menikmati masakan siap santap dalam 3 bulan terakhir, dengan 58 persen diantaranya memesan masakan siap santap melalui layanan pesan-antar makanan.

Dari riset, terbukti, rata-rata konsumen urban memesan hampir tiga kali masakan siap santap melalui layanan pesan-antar makanan setiap minggu.

Pilihan makanan yang dipesan adalah masakan Indonesia (82 persen), masakan siap saji (80 persen) dan minuman (49 persen), jadi pilihan masyarakat. 

Riset Nielsen ini, dilakukan di 7 kota utama di Indonesia dengan menggunakan metode survei online dan melibatkan 1.000 pengguna yang terdiri dari perempuan dan laki-laki berusia 18-45 tahun yang menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam 3 bulan terakhir dengan margin error 3,1 persen. 

Chief Food Officer Gojek Grup Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan Potensi pertumbuhan industri layanan pesan-antar makanan masih luas, dan akan didorong oleh urbanisasi dan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia

Tercatat, lanjut ia, masih ada 42 persen konsumen urban di kota besar yang belum menggunakan layanan pesan-antar makanan dalam tiga bulan terakhir. 

Selain itu, demografi konsumen layanan pesan-antar berbeda untuk waktu makan siang dan makan malam.  Makan siang di tempat kerja, konsumen didominasi oleh para pekerja berumur 26-35 tahun dengan posisi eksekutif/ manajerial (22%), serta pegawai swasta (44%).

Sedangkan, untuk makan malam didominasi oleh pemesanan dari rumah, tanpa ada profil demografis yang menonjol.

"Dalam enam bulan terakhir, tercatat jumlah transaksi GoFood meningkat dua kali lipat mencapai lebih dari 50 juta transaksi di seluruh Asia Tenggara setiap bulannya," ujarnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X