Anggaran Corona Terbatas, Mantan Menkeu Sarankan Proyek Infrastruktur Ditunda

- Selasa, 21 April 2020 | 16:33 WIB
Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri (ANTARA/Fanny Octavianus)
Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri (ANTARA/Fanny Octavianus)

Mantan Menteri Keuangan RI Chatib Basri menyarankan kepada pemerintah untuk menunda sementara proyek-proyek pembangunan infrastruktur dan mengalihkan anggarannya untuk penanganan virus corona atau Covid-19.

Menurut Chatib, meski anggaran senilai Rp405,1 triliun itu relatif besar, namun ia meyakini bahwa jumlah tersebut masih belum akan mencukupi kebutuhan penanggulangan masalah virus corona tersebut. 

Selain itu, Chatib juga menilai bahwa pemerintah perlu untuk menunda belanja modal yang tidak terlalu mendesak agar dana-dana tersebut bisa dialokasikan untuk mendukung percepatan penanganan wabah virus corona. 

"Saya kira ada anggaran yang sangat dibutuhkan tapi eskekusinya tidak tahun ini seperti belanja modal, pembangunan infrastruktur dan lainnya, nah itu bisa ditunda. Tahun ini tunda dulu deh nanti 2021 baru dimulai lagi," kata Chatib dalam video confference hari ini, Selasa (21/4/2020). 

Namun demikian untuk realokasi anggaran-anggaran tersebut, lanjut Chatib, Kementerian Keuangan tidak bisa bekerja sendiri. Meskipun sudah ada payung hukum berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020, namun belum tentu Kementerian atau Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah mematuhinya. Oleh sebab itu perlu ada komitmen bersama dari semua pihak baik di pemerintah pusat atau daerah untuk benar-benar melakukan realokasi anggaran demi menuntaskan persoalan pandemi.

"Ini butuh komitmen dari kementerian dan lembaga lain sebab kalau enggak ketika Kementerian Keuangan udah memotong nanti pada protes. Jadi nggak mungkin Kemenkeu melakukannya sendiri," pungkas Chatib. 

Artikel menarik lainnya

Update Corona 21 April di Jakarta: 3.279 Positif dan 305 Meninggal Dunia

Iuran BPJS Batal Naik Per April 2020, Tarifnya Kembali Seperti Semula?

Hari Kartini, Perjuangan Perawat Pasien Corona Titip Buah Hati Demi Jalankan Tugas

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X