Angkatan Udara AS Gelar Latihan Bersama TNI AU di Manado

- Senin, 17 Juni 2019 | 14:58 WIB
Instagram/militer.udara
Instagram/militer.udara

Angkatan Udara Amerika Serikat dan TNI Angkatan Udara menggelar latihan bersama (Latma) "Cope West" tahun 2019, di Manado, Sulawesi Utara.

Dipimpin Komandan Wing 3 TNI AU Kolonel Penerbang Satriyo Utomo dan didampingi Vice Commander 35 th Fighting Colonel Paul Kirmis, pembukaan latihan bersama tersebut dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, Senin (17/6/2019). 

"Kegiatan ini bukan latihan operasional taktis penerbangan saja, tetapi diharapkan bisa meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat." kata Satriyo Utomo.

Colonel Paul Kirmis mengatakan latihan ini memberikan kesempatan lain untuk memperkuat ikatan antara rakyat kedua negara sambil mengasah ketrampilan taktis udara ke udara dan inter operabilitas.

Kontingen Angkatan Udara AS terdiri dari sekitar 100 anggota militer Amerika Serikat dari wings tempur ke-35 dan enam pesawat tempur F-16 dari Skuadron Samurai ke-14 berpangkalan di Misawa Jepang.

Latma Cope West tahun 2019 tersebut akan berlangsung dari 17-28 Juni 2019. Pada latihan tersebut juga melibatkan sebanyak tujuh pesawat tempur F-16 dan sekitar 150 personel TNI Angkatan Udara.

Hadir pada saat itu, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Pangdam XIII Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Danlanudsri Kolonel Pnb Jhoni Sumaryana.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X