Menkeu Serbia Lakukan Plagiat dalam Tesis Doktoralnya

- Sabtu, 23 November 2019 | 11:14 WIB
Instagram/@mali_sinisa
Instagram/@mali_sinisa

Menteri Keuangan Serbia, Sinisa Mali melakukan plagiat dalam tesis Ph.D-nya, menurut University of Belgrade pada Kamis (21/11). Ini terjadi sehari setelah tesisnya ditantang oleh para sarjana.

Pihak University of Belgrade mengatakan bahwa Mali telah menyalin teks, atau seluruh paragraf dari karya penulis lain tanpa mencantumkan nama mereka. Hal ini dinilai melanggar kode etik universitas.

Dekan universitas Ivanka Popovic mengatakan, dewan etik secara tegas membatalkan gelar Mali yang didapatnya dari tesis pada 2013 tentang restrukturisasi dan privatisasi.

-
Instagram/@mali_sinisa

"Dewan Etik Profesional akan menyampaikan putusan akhirnya kepada Senat Universitas terkait pembatalan diploma (Mali)," kata Ivanka.

Meskipun begitu, Mali yang selalu membantah bahwa tesisnya plagiat mengaku akan terus bekerja.

"Saya lebih fokus dengan anggaran Serbia yang menjadi pekerjaan, di mana saya dibayar oleh rakyat Serbia," ujar Mali.

Kasus yang dialaminya ini memicu seruan dari opsisi Serbia agar ia mengundurkan diri dari jabatannya sekarang. Mali diketahui menjabat sebagai Wali Kota Beograd.

Seruan ini juga dilakukan oleh para mahasiswa yang selama hampir setahun memprotes pemerintahan Vucic. Mereka menilai bahwa pemerintah Vucic melakukan korupsi dan berlaku otoriter.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X