Bobroknya Pesawat Boeing Terkuak Lewat Surel Pegawai

- Minggu, 12 Januari 2020 | 10:04 WIB
Pesawat Boeing (REUTERS/Lindsey Wasson)
Pesawat Boeing (REUTERS/Lindsey Wasson)

Pesan internal karyawan Boeing ini baru terbongkar setelah Boeing dipaksa oleh kongres AS. Surat elektronik itu berisi tentang bobroknya desain pesawat Boeing 737 MAX, sehingga muncul keraguan akan keselamatan jika pesawat itu dipaksa terbang.

Anggota parlemen AS mengecam sikap Boeing yang seolah mengabaikan keselamatan penumpang, dan membuat dua pesawat terjatuh sampai menewaskan ratusan orang.

"Jika Boeing mengungkap kebenaran lebih cepat kita mungkin bisa menyelamatkan hidup 346 orang itu," kata Rick Larsen, D-Wash, dilansir dari CNN.

-
Sejumlah pesawat Boeing sedang terparkir di Bandara International Grant County Moses Lake, Washington (REUTERS/Lindsey Wasson)

Dalam surat itu juga tertera sejumlah percakapan tentang upaya Boeing mencegah pelatihan simulator pilot. Proses yang membutuhkan biaya banyak dan memakan waktu ini bahkan tak menjadi persyaratan bagi 737 MAX. Karyawan juga mengeluh mengenai desain pesawat yang buruk dan teknologi manajemen penerbangan Max.

"Pesawat ini dirancang oleh para badut yang pada gilirannya diawasi oleh monyet-monyet," tulis salah satu pegawai Boeing dalam pesan internal.

Tak hanya itu, para karyawan juga meragukan aspek keselamatan 737 MAX. Mereka bahkan menyebut pesawat itu adalah lelucon dan tak masuk akal.

"Saya akan terkejut jika FAA meloloskan sampah ini," tulis pegawai pesawat pada tahun 2018.

Para pegawai bahkan melarang keluarga mereka untuk pergi menggunakan pesawat Boeing 737 MAX.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X