Penting Diketahui, Tak Berdarah Saat Malam Pertama Bukan Berarti Tak Perawan
Ilustrasi/nypost
News

Penting Diketahui, Tak Berdarah Saat Malam Pertama Bukan Berarti Tak Perawan

INDOZONE NEWS
Sabtu, 27 April 2019 13:23 WIB 27 April 2019, 13:23 WIB
Saat melakukan berhubungan seks penis dalam vagina (P-in-V) untuk pertama kali dipercaya akan menyebabkan pendarahan pada wanita, dan pendarahan itu pula yang disebut sebagai tanda bahwa wanita tersebut masih perawan.

Padahal kenyataan, tak semua wanita akan mengalami pendarahan saat melakukan hubungan seks P-in-V untuk pertama kali. Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian pada tahun 1998 yang mengungkapkan bahwa ada sekitar 63% wanita tak mengalami pendarahan saat melakukan seks P-in-V untuk pertama kalinya.

Pendarahan atau tidak saat berhubungan seks pertama kali adalah sesuatu yang normal. Namun, kondisi seorang wanita yang tidak berdarah jumlahnya agak sedikit. Pendarahan saat berhubungan seks dikarenakan robeknya selaput dara atau kurangnya pelumas. Nah, persoalan selaput dara inilah yang menjadi kesalahpahaman.

"Selaput dara adalah selaput tipis yang sebagian menutupi pintu masuk vagina," kata pendidik seks dan spesialis trauma, Jimanekia Eborn.

Selaput dara berbentuk tipis dan bersifat melar. Namun yang terjadi saat ini, beberapa orang terlahir dengan lebih banyak jaringan selaput dara daripada yang lain dan beberapa orang dengan vagina terlahir tanpa selaput dara sama sekali. Itu artinya jika tidak berdarah saat melakukan hubungan seks bukan berarti orang tersebut tidak perawan.

Sedangkan, alasan umum seorang wanita mengalami pendarahan setelah pertama kali berhubungan seks adalah karena vagina mereka tidak terlalu dilumasi dan gesekan dari hubungan seks menyebabkan abrasi yang juga berarti bahwa seks terasa tidak nyaman atau menyakitkan.
    Indozone Media