Cerita SBY Soal Keinginan Ani Yudhoyono Pakai Batik Saat Hari Lebaran

- Rabu, 5 Juni 2019 | 20:47 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
(photo/ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono bercerita bahwa istrinya ingin sekeluarga mengenakan batik khusus saat Idul Fitri. Ani ingin sekali merayakan Lebaran bersama keluarga sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Pesannya adalah, ‘Nanti kita lebaran di rumah sakit. Mari kita pakai batik itu di rumah sakit’. Saya juga akan memakainya," kata SBY, mengulangi pesan istrinya, kala dia berziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019.

Namun SBY sempat meminta mendiang istrinya itu untuk tak repot-repot memakai batik ketika Lebaran kalau masih dalam perawatan. Hal tersebut bisa membuat dirinya kelelahan karena harus berganti busana.

Tetapi Ani bersikeras untuk mengenakan batik warna hitam dengan motif Sawunggaling, sebuah burung mitos yang terbang ke surga.

Ani kukuh ingin mengenakan batik itu lantaran karena dirinya masih dirawat. Dia juga ingin seluruh anggota keluarga memakai batik yang sama dan berfoto bersama.

SBY kemudian menuruti keinginan istrinya tersebut. Batik kemudian dipesan dan diukur untuk masing-masing anggota keluarga.

SBY sempat menunjukkan batik yang sudah jadi itu di depan Ani. Begitu juga dengan anggota keluarga lainnya.

Namun masih ada satu kain batik yang sampai saat ini belum dijahit yakni batik untuk Ani. Sebab saat itu kondisi Ani masih sedang dalam proses pemulihan sehingga tak memungkinkan baju batik itu dijahit.

"Ada satu kain masih utuh yang belum dijahit, yang sekarang dipakai oleh cucu almarhumah, putri dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan," ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X