Ini Surganya Ikan Raja Ampat!

- Rabu, 12 Juni 2019 | 12:15 WIB
Pegipegi
Pegipegi

Memiliki pemandangan yang sangat indah membuat Raja Ampat, Papua Barat sering menjadi tujuan destinasi wisata banyak orang. Jika berlibur kesana, rasanya tidak sah jika belum mengunjungi destinasi snorkeling yang terkenal dengan sebutan surga ikan.

Ada lima destinasi wisata terindah di Raja Ampat, yaitu Kampung Arborek, Kabupaten Sawinggrai, Kampung Sawendarek, Kampung Yenbuba, dan Priwn Wol. Kelima destinasi ini disebut sebagai surga ikan lantaran  tanpa harus menyelam ke dasar laut wisatawan bisa melihat berbagai jenis ikan karang hingga anak ikan hiu putih.

"Saya sudah berkunjung ke Kampung Arborek, Kabupaten Sawinggrai, Kampung Sawendarek, Kampung Yenbuba, dan Priwn Wol cukup snorkeling dapat melihat berbagai jenis ikan karang serta terumbu karang yang mempesona," ujar Ayuna, seorang wisatawan asal Surabaya.

Ayuna pun berharap keindahan serta keunikan destinasi wisata tersebut bisa terjaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Banyaknya ikan di Raja Ampat, dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo karena masyarakat setempat bisa menjaga kelesatrian laut.

Yusdi menjelaskan bahwa di Kabupaten Raja Ampat terdapat salah satu tradisi masyarakat lokal guna menjaga laut yang diberi nama Sasi. Tradisi menjaga kelestarian alam ini sudah berlangsung sejak lama.

"Apabila masyarakat lokal di kampung-kampung Raja Ampat menyatakan Sasi laut maka tidak ada aktivitas penangkapan ikan secara liar," ungkapnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X