Deretan Artis Indonesia yang Mengidap Penyakit Mental

- Selasa, 15 Oktober 2019 | 14:22 WIB
Instagram/@marshanda99/@t_orasudi_ro/@vidialdiano/@ditaofficial.id
Instagram/@marshanda99/@t_orasudi_ro/@vidialdiano/@ditaofficial.id

Penyakit mental bisa dialami siapa saja, tidak mengenal gender apalagi usia. Bahkan, tidak mengenal jabatan maupun profesi. Ada banyak alasan orang-orang mengidap penyakit mental, entah karena tekanan hidup, ingatan masa lalu, atau hal lain di sekitarnya. Penyakit mental pun tidak bisa dielakkan, termasuk oleh para selebriti Indonesia.

Beberapa artis Indonesia diketahui menderita penyakit mental yang cukup serius. Awalnya, mereka tidak menyadari gejalanya. Namun lambat laun, kondisi pikiran dan kebiasaan mereka pun berubah, hingga menghambat aktivitas sehari-hari sebagai seorang figur publik.

Lalu, siapa saja mereka? Berikut ini deretan artis Indonesia yang mengidap penyakit mental, seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Selasa (15/10):

1. Marshanda

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ???????? MARSHANDA (@marshanda99) on

Artis Marshanda didiagnosa menderita penyakit bipolar pada 2009. Namun, penyakit yang dideritanya tidak terlalu parah karena ia baru menderita bipolar disorder tipe dua. Akibat penyakit mental itu, Marshanda mengaku sering depresi, halusinasi, hingga tidak bisa tidur. Ia pun menjadi hiperaktif dan harus mengonsumsi obat-obatan tertentu agar emosinya lebih stabil.

2. Tora Sudiro

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tora Sudiro (@t_orasudi_ro) on

Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia, sempat ditangkap pihak kepolisian di kediamannya pada 2017 lalu karena terbukti menggunakan obat-obatan terlarang jenis dumolid. Tora mengaku menggunakan obat tersebut karena mengalami stres dan insomnia. Ia juga didiagnosa mengidap gangguan mental tourette syndrome.

Tourette syndrome adalah penyakit neuropsikiatrik turunan yang menyerang saraf dan membuat si penderita sering mengeluarkan ucapan atau gerakan secara spontan (di luar kendali). Biasanya, penderita sulit mengontrol kondisi itu.

Setelah mengetahui kondisi kesehatannya, Tora menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur. Ia pun tidak diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan itu karena akan membahayakan dirinya sendiri jika dikonsumsi terus menerus.

3. Mey Chan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dita anggraeni (@ditaofficial.id) on

Musisi Dita Anggraeni atau dikenal dengan nama panggung Mey Chan mengaku menderita panic attack disorder yaitu rasa takut dan gelisah berlebihan secara tiba-tiba. Penyakit itu membuat napasnya menjadi sesak, pusing, otot tegang, hingga kerap pingsan.

"Saya pertama kali kena disorder ini 8 tahun lalu dan saya tidak dalam kondisi stres ataupun ada masalah hidup. Ya, tiba-tiba kena saja tanpa alasan yang jelas dan sembuh total selama 5 tahun, kena lagi 2 tahun lalu. Dan pertama kalinya saya merasakan full blown level 10 panic attack yang rasanya terus terang, bikin trauma berkepanjangan. Saya selalu bawa obat di dompet karena datangnya si panic ini tidak lihat waktu, tidak lihat tempat. Rasanya kayak mau mati, istilah saya lebay pokoknya," tulis Mey Chan dalam salah satu foto yang ia unggah ke Instagramnya pada tahun 2017.

4. Vidi Aldiano

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Vidi Aldiano (@vidialdiano) on

Siapa sangka, pelantun 'Nuansa Bening' ini ternyata sudah lama mengidap penyakit mental yang disebut anxiety attack. Awalnya, kondisi ini tidak terlalu mengganggu. Namun, ia sempat mengalami dampak cukup serius dari gangguan mentalnya dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X