Cegah Hoaks di Papua, Kemkominfo Perlambat Akses Internet

- Selasa, 20 Agustus 2019 | 10:42 WIB
ANTARA FOTO/Gusti Tanati
ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sempat memberlakukan perlambatan akses internet (throttling) setelah kerusuhan terjadi di sejumlah titik di wilayah Papua pada Senin (19/8), seperti di Manokwari, Jayapura, dan beberapa tempat lain. Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin kemarin.

Dia mengatakan, perlambatan akses dan bandwidth di Papua itu dilakukan secara bertahap mulai pukul 13.00 WIT. Mulai pukul 20.30 WITA, akses internet di sejumlah wilayah Papua mulai pulih menyusul kondisi yang semakin kondusif. "Tujuan throttling adalah untuk mencegah penyebaran hoaks yang luas dan memicu aksi," kata Ferdinandus.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa Kemkominfo menemukan dua informasi hoaks yang menyebar terkait kerusuhan di beberapa wilayah di Papua. Di antaranya, hoaks berupa foto warga Papua yang tewas akibat dipukul aparat di Surabaya, serta hoaks yang menyebutkan Polres Surabaya menculik dua orang pengantar makanan untuk mahasiswa Papua.

Untuk itu, kata Ferdinandus, Kemkominfo meminta para pengguna internet agar tidak menyebarkan hoaks, disinformasi, maupun ujaran kebencian (hate speech) yang mengandung unsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X