Jokowi Minta Persiapan Maksimal untuk World Expo 2020

- Selasa, 13 Agustus 2019 | 16:25 WIB
Presiden Joko Widodo (ANTARAWahyu Putro A).
Presiden Joko Widodo (ANTARAWahyu Putro A).

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya melakukan persiapan maksimal untuk World Expo 2020. Dia ingin Indonesia memiliki citra positif saat mengikuti ajang tersebut. 

Jokowi menilai World Expo sebagai ajang terbesar ketiga setelah Piala Dunia dan Olimpiade. Acara yang bakal digelar di Dubai itu bakal mempertontonkan penemuan teknologi dan inovasi industri yang diikuti sekira 190 negara.

"Saya sering sampaikan, jangan sampai kita salah pilih lokasi. Lokasi tempat di belakang, malah dekat toilet, misalnya. Kalau seperti itu tidak usah ikut. Malah malu," kata Jokowi. 

Jokowi menilai keikutsertaan Indonesia bisa meningkatkan kemitraan antarnegara dari sektor perdagangan, pariwisata, hingga investasi global. Oleh karenanya, World Expo nanti harus dipersiapkan dengan maksimal. 

"Persiapan harus matang, harus detail. Desain venue, lokasi, paviliun betul-betul harus menampilkan wajah Indonesia sebagai sebuah negara besar," ujar Jokowi. 

Jokowi menegaskan tidak punya masalah anggaran untuk membuat venue megah di World Expo 2020. Sebanyak 18 kementerian telah memiliki anggaran khusus dialokasikan untuk kebutuhan pameran. 

"Kita ingin membangun sebuah citra, persepsi, jangan sampai kita jalan sendiri-sendiri. Kalau setiap kementerian berjalan sendiri-sendiri, jadinya pameran hanya satu stan atau dua stan," tutur Jokowi. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X