Tri Rismaharini Jadi Inspirasi Perempuan di Turki

- Sabtu, 14 Desember 2019 | 12:17 WIB
Instagram/@surabaya
Instagram/@surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi narasumber dan tamu kehormatan dalam International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki. Acara tersebut diadakan pada 11-12 Desember 2019.

Acara itu sendiri diselenggarakan oleh Sayap Perempuan, Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang didirikan dan saat ini masih dipimpin oleh Presiden Recep Tayyib Erdogan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bangga Surabaya (@surabaya) on

Risma berkesempatan menyampaikan pidato di depan Presiden Erdogan dan para hadirin lainnya.

"Naluri kita (perempuan) yang kuat untuk menolong orang lain, memperhatikan hal-hal detail, dan untuk lebih banyak mendengar membuat kita mampu memimpin dengan hati, membuat kita mengambil keputusan yang berbasis kebutuhan nyata rakyat dan membuat keputusan yang tepat saat dibutuhkan. Atau dalam kata lain kita mampu memimpin dengan penuh kepedulian", ujar Risma dalam pidatonya.

Forum internasional tersebut dihadiri sekitar tiga ribu perempuan Turki dan para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara.

Dalam kunjungannya ke Turki, Risma juga menandatangani kerja sama sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Gaziantep, salah satu kota industri utama di Turki. Kota Gaziantep juga memiliki wali kota yang merupakan seorang perempuan.

"Para pemimpin politik di Turki meminta bantuan saya menghadirkan Bu Risma. Sebuah kebanggaan jika perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi dan model bagi kaum perempuan di negara lain", ujar Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal.

Dalam pidato sambutannya, Erdogan juga memuji Risma sebagai perempuan inspiratif.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan," ujar Presiden Erdogan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X