The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada! Ini Prediksi Jam-jam Rawan Kejahatan Selama Ramadan Versi Polisi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan ada perubahan jam rawan kejahatan selama bulan Ramadan. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
News

Waspada! Ini Prediksi Jam-jam Rawan Kejahatan Selama Ramadan Versi Polisi

Rabu, 22 Maret 2023 08:02 WIB 22 Maret 2023, 08:02 WIB

INDOZONE.ID - Polisi memprediksi ada perubahan jam-jam rawan kejahatan selama bulan Ramadan. Prediksi kejahatan diperkirakan bakal marak terjadi usai jam berbuka puasa.

"Ya, jam kerawanan tentunya kita bisa melihat pada saat gelap," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Kombes Trunoyudo menyebut jam rawan mulai terjadi usai waktu salat tarawih. Sebab, masyarakat mayoritas melaksanakan salat tarawih di masjid dan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong.

Baca Juga: Ini Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan 1444 H, Kerja 6 Hari Bisa Pulang Jam 2 Siang

"Karena tarawih kan orang cenderung ke masjid, kemudian ada kekosongan rumah atau mungkin tidak kosong, tapi akan menimbulkan potensi atau peluang kejahatan, itu menjadi kesempatan," beber Trunoyudo.

Selain jam tarawih, potensi kejahatan juga terjadi di tengah malam menjelang sahur. Masyarakat disebutnya akan terlelap beristirahat di jam-jam tersebut.

"Ketika jam-jam malam ya, ya tentunya orang akan beristirahat karena menjelang untuk sahur. Tentunya ada khususnya orang sahur ini kan akan lebih awal istirahatnya, tentu ini juga menjadi jam rawan," kata Trunoyudo.

Baca Juga: 7 Amalan yang Bisa Dilakukan saat Ramadan untuk Mendapatkan Pahala

Meski terdapat pergeseran jam-jam rawan tindak kriminal, Polda Metro Jaya disebutnya sudah mengambil langkah untuk mengantisipasi adanya tindakan kejahatan selama bulan ramadan.

"Polda Metro Jayakan sudah memiliki program namanya penggelaran patroli perintis presisi, termasuk penggelaran pelayanan malam hari dari Polda Metro Jaya. Ini kita akan lakukan terus selama bulan Ramadan sampai dengan seterusnya, tentunya dalam rangka memberikan kenyamanan bermasyarakat," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US