The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mencegah Kepunahan Spesies, Australia Menyisihkan 30% Daratannya untuk Konservasi
Australia melakukan konservasi upaya melindungi tumbuhan dan hewan yang terancam punah. (Freepik/vladimircech)
News

Mencegah Kepunahan Spesies, Australia Menyisihkan 30% Daratannya untuk Konservasi

Selasa, 04 Oktober 2022 17:12 WIB 04 Oktober 2022, 17:12 WIB

INDOZONE.ID - Australia akan menyisihkan sekitar 30% daratannya untuk konservasi dalam upaya untuk melindungi tumbuhan dan hewan yang terancam punah, hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Lingkungan Tanya Plibersek pada Selasa (4/10/2022).

Berdasarkan Kartu Laporan Lingkungan yang dirilis bulan Juli lalu oleh pemerintah, Australia telah kehilangan lebih banyak spesies mamalia.

Baca Juga: Cantiknya Rumah Penemu Benua Australia, Diboyong Langsung dari Inggris, Begini Kisahnya

"Perlunya tindakan untuk melindungi tanaman, hewan, dan ekosistem kita dari kepunahan tidak pernah sebesar ini," ucap Tanya Plibersek, Menteri Lingkungan Australia yang dikutip dari Reuters. 

Dengan memprioritaskan 110 spesies dan 20 tempat, kemudian kawasan yang dikelola untuk konservasi akan bertambah 50 juta hektar. 

Rencana 10 tahun tersebut akan ditinjau kembali pada tahun 2027.

Baca Juga: Genesis Bakal Rilis Genesis Electrified GV70 di Australia

World Wildlife Fund (WWF) Australia menyambut baik upaya konservasi pemerintah sekaligus mendesak pihak berwenang untuk melangkah lebih jauh dan berinvestasi dalam rencana pemulihan terikat waktu untuk setiap spesies yang terancam.

"Australia memiliki lebih dari 1.900 spesies terancam yang terdaftar. Rencana ini memilih 110 pemenang. Tidak jelas bagaimana ini akan membantu spesies terancam 'non prioritas' kami yang lain," kata Rachel Lowry, kepala petugas konservasi WWF Australia dikutip dari Reuters. 

Penulis: Annita Rahmawati Dewi

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Mochamad Rezhatama Herdanu
Indozone
JOIN US
JOIN US