The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Puan Maharani Ikut Panen Tebu di Cirebon, Janji Cari Solusi Keluhan Petani
Ketua DPR RI Puan Maharani ikut menanem tebu di Cirebon, Jawa Barat (INDOZONE/Harits Tryan)
News

Puan Maharani Ikut Panen Tebu di Cirebon, Janji Cari Solusi Keluhan Petani

Berikan bantuan

Selasa, 05 Juli 2022 08:25 WIB 05 Juli 2022, 08:25 WIB

INDOZONE.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani ikut memanen tebu bersama petani di Desa Mertapada Wetan, Kec. Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/7/2022).

Puan nampak berpakaian serba hitam, kemudian memakai topi caping dan memegang arit. Dia ikut memotong tebu bersama 14 petani. Dia mengaku diajari oleh para petani untuk memotong dan merasa tak canggung

“Saya belajar motong tebu ternyata aritnya tajam sekali. Mudah ditebas, seakan-akan saya sudah biasa memanen tebu,” kata Puan di lokasi.

Setelah memanen, Puan sarasehan dengan sekitar 1.000 petani tebu. Ia berdialog untuk mendengar aspirasi para petani tebu setempat. Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya mencarikan solusi mengenai berbagai persoalan yang ada terkait pertanian tebu.

Baca juga: Wakil Wali Kota Surabaya Jadi Aktor di Serial 'Lara Ati' Bareng Bayu Skak, Ini Perannya

Puan mengatakan, salah satunya adalah distribusi pupuk bersubsidi yang masih selalu terkendala.

“Kami selalu mendukung dan mengupayakan agar kesulitan pupuk bisa diatasi dengan tepat sasaran. Bisa melalui koperasi untuk memudahkan distribusi,” ucapnya.

Soroti Masalah Kredit

Lebih jauh, Politisi PDIP menyoroti masalah kredit bagi para petani tebu yang berharap diberi kemudahan dalam proses pengajuannya. Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pemerintah.

Dia juga menyinggung Pabrik Gula (PG) Sindanglaut yang ditutup sejak awal 2020, sehingga suplai bahan baku berkurang.

“PG Sindanglaut semoga bisa dibuka kembali karena DPR sangat mendukung kemandirian gula nasional, supaya gula impor enggak membanjiri pasar. Selanjutnya bagaimana harga gula dari petani tebu memadai dan bisa dipasarkan,” sebut Puan.

Di akhir dialog, Puan menyerahkan berbagai bantuan untuk para petani tebu. Bantuan yang diberikan berupa 650 liter pembenah, 20 ribu pupuk NPK, 200 liter herbisida, 25 handsprayer, dan 10 unit pompa air.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Rachmat Fahzry
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US