Terkait 14 ABK Long Xing 629, Menteri Edhy Sedang Upayakan Beri Lapangan Kerja

- Sabtu, 9 Mei 2020 | 17:53 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berbincang dengan ABK Long Xing 629 melalui sambungan telepon. (Photo/ANTARA/Biro Humas dan Kerja Sama luar Negeri)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berbincang dengan ABK Long Xing 629 melalui sambungan telepon. (Photo/ANTARA/Biro Humas dan Kerja Sama luar Negeri)

Terkait anak buah kapal (ABK) Long Xing 629, kapal berbendera Tiongkok, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan mengupayakan pekerjaan kepada ABK yang berasal dari Indonesia tersebut.

Sebelumnya, sebanyak 14 ABK itu diduga mengalami eksploitasi. Para ABK juga telah tiba di Jakarta pada Jumat (8/5/2020) setelah melakukan perjalanan udara sekitar 7 jam dari Korea Selatan.

"Saya menyapa kalian intinya satu, saya berusaha menciptakan lapangan pekerjaan. Insya Allah lapangan pekerjaan sangat terbuka di sektor perikanan," kata Edhy dalam keterangan resmi kepada para ABK, Sabtu (9/5/2020).

Setelah sampai di Jakarta, para ABK tersebut kini menjalani karantina selama 14 hari sesuai protokol kesehatan Covid-19. Menteri Edhy juga meminta mereka mematuhi prosedur yang ditetapkan.

"Sekarang waktunya istirahat dulu. Kita fokus ikuti prosedur. Apa-apa yang menjadi kendala selama di sini, tolong sampaikan ke kami," ucapnya.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mengawal kasus dugaan eksploitasi terhadap ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal asing tersebut.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X