Ini Penyebab Suara Dentuman Misterius yang Terdengar di Jawa Tengah

- Selasa, 12 Mei 2020 | 09:16 WIB
Ilustrasi Gempa. (Pixabay)
Ilustrasi Gempa. (Pixabay)

Masyarakat Jawa Tengah dihebohkan dengan suara dentuman yang terdengar di beberapa tempat pada Senin (11/5/2020). Suara dentuman itu terjadi pada dini hari sekitar pukul 00.45-01.15 WIB.

Banyak yang beranggapan suara dentuman itu diakibatkan adanya aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lalu melakukan pengecekan terhadap gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jawa Tengah, dan dentuman bukan diakibatkan adanya aktivitas gempa.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan, ada beberapa kemungkinan penyebab suara dentuman saat terjadi gempa.

Fenomena dentuman saat gempa bisa terjadi jika gempa memicu gerakan tanah berupa rayapan tiba-tiba dan sangat cepat di bawah permukaan.

“Kemungkinan lain berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif, dalam hal ini ada mekanisme dislokasi batuan yang menyebabkan pelepasan energi berlangsung secara tiba-tiba dan cepat hingga menimbulkan suara ledakan,” ujar Daryono dalam siaran pers.

"Apalagi jika terjadinya patahan batuan tersebut terjadi di kawasan lembah dan ngarai atau di kawasan tersebut banyak rongga batuan sehingga memungkinkan suaranya makin keras karena resonansi," tambahnya.

Daryono menyebutkan beberapa peristiwa gempa Bantul tahun 2006 juga mengeluarkan bunyi dan sempat meresahkan warga saat itu.

"Namun suara dentuman yang terjadi tadi pagi dipastikan bukan dari aktivitas gempa tektonik," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X