The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tjahjo Kumolo Ogah Tambah Libur PNS Kemenpan RB
Menpan-RB Tjahjo Kumolo ogah memberikan tambahan libur bagi para PNS Kemenpan RB(Antara/Dhemas Reviyanto).
News

Tjahjo Kumolo Ogah Tambah Libur PNS Kemenpan RB

Selasa, 10 Desember 2019 06:35 WIB 10 Desember 2019, 06:35 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, memberi sinyal tidak setuju dengan wacana hari libur tambahan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan kinerja baik di kementeriannya.

Tjahjo Kumolo menegaskan Kementerian PANRB tidak bakal menerapkan kebijakan tersebut. Alasannya bertentangan dengan semangat melayani masyarakat dan mempercepat perizinan demi tercapainya misi reformasi birokrasi. 

"Kalau mau mengoptimalkan kinerja ASN melayani masyarakat, mempercepat perizinan, ya jangan banyak-banyak liburnya gitu aja," kata Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (10/12).

Menurut Tjahjo Kumolo, pemerintah telah banyak memberikan libur jika menilik tanggal merah dalam kalender nasional. Para PNS pun bisa mengambil cuti untuk menambah durasi liburnya. 

Bagi Tjahjo Kumolo wacana libur tambahan cocok digunakan bagi instansi yang tidak bersifat teknis, misalnya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Bappenas kan tidak teknis ya, ada kebijakan-kebijakan dan regulasi, itu bisa dikerjakan di rumah," ujar Tjahjo Kumolo.

Sebelumnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tengah mengolah skema jam kerja bagi PNS. Mulai 2020, sejumlah PNS bisa libur pada hari Jumat. 

Akan tetapi, libur hari Jumat hanya didapatkan PNS lewat kerja keras. Mereka yang berpeluang menerima 'hadiah' itu harus masuk kategori peringkat terbaik. 

Situasi itu sesuai dengan langkah KASN yang bakal melakukan penilaian kinerja untuk setiap PNS. Nantinya, PNS akan dikategorikan menjadi 3 peringkat, yaitu peringkat terbaik sebesar 20 persen, menengah sekitar 60-67 persen, dan terendah 20 persen.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Indozone
Ivanrida

Ivanrida

Writer
JOIN US
JOIN US