Gibran Duet dengan Purnomo di Pilkada Solo, PDIP: Semua Bisa Terjadi

- Selasa, 31 Desember 2019 | 16:24 WIB
Gibran Rakabuming Raka bisa saja dipasangkan dengan Achmad Purnomo pada Pilkada Solo 2020. (Antara/Mohammad Ayudha)
Gibran Rakabuming Raka bisa saja dipasangkan dengan Achmad Purnomo pada Pilkada Solo 2020. (Antara/Mohammad Ayudha)

Ada dua nama yang digadang-gadang jadi kandidat kuat calon Wali Kota Solo dari PDI Perjuangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Dua nama itu adalah Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo.

Berdasarkan survei dari Media Survei Nasional (Median), Purnomo lebih diunggulkan untuk maju sebagai Wali Kota Solo. Pria yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo itu memperoleh 94,5 persen suara.

Namun, Gibran tak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan survei itu, putra sulung Presiden Joko Widodo ini menempati urutan kedua dengan 82,3 persen suara.

Muncul wacana keduanya akan dipasangkan pada kontestasi Pilkada Solo 2020. Apalagi Purnomo dan Gibran sama-sama kader partai berlambang banteng tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Ahmad Basarah tak menampik hal tersebut. Menurutnya, semua kemungkinan bisa saja terjadi.

"Semua skenario bisa kita pakai," kata Basarah seperti dikutip Antara.

Seperti apa skenario yang dimiliki PDIP? 

Basarah mengatakan, PDIP bisa saja mengajukan kadernya untuk jadi calon kepala dan wakil kepala daerah. Bisa juga menggunakan skenario calon kepala daerah dari internal, sedangkan kursi wakil diisi dari eksternal.

"Atau kepala daerah eksternal, wakil dari internal. Namun, skenario yang paling mungkin adalah yang pertama dan kedua," tuturnya. 

Seperti diketahui, PDIP belum mengumumkan nama yang mendapat rekomendasi untuk maju dalam Pilkada Solo 2020. Gibran dan Purnomo diyakini punya peluang yang sama. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X