Berawal dari Figuran, Ini Perjalanan Karier Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)
News

Berawal dari Figuran, Ini Perjalanan Karier Ria Irawan

Mulai terjun di dunia perfilman sejak usia empat tahun..

Senin, 06 Januari 2020 10:30 WIB 06 Januari 2020, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Ria Irawan menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Artis yang lahir pada tanggal 24 Juli 1969 ini diketahui sempat berjuang melawan kanker kelenjar getah bening semasa hidupnya.

Pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan ini mengawali kariernya sejak tahun 1973. Ia mulai tertarik pada dunia perfilman saat usianya masih empat tahun. Berawal dari peran figuran dalam film Sopir Taxi, yang juga dibintangi oleh Bambang Hermanto dan Dien Novita. 

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Ada puluhan judul film yang dibintangi Ria Irawan sepanjang hidupnya. Berkat film Bila Saatnya Tiba (1985), Ria Irawan meraih nominasi Festival Film Indonesia sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Di Festival Film Indonesia 2006, dirinya kembali mendapat nominasi yang sama melalui film Berbagi Suami (2006).

Tak hanya layar lebar, Ria Irawan juga merambah dunia tarik suara. Anak bungsu dari pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan ini pernah membuat grup musik bernama Japras dan albumnya laris di pasaran. Belum berhenti sampai disitu, Ria Irawan kembali membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa. 

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Ria Irawan memang artis multitalenta. Buktinya Ia juga pernah menjajal profesi sebagai produser, fotografi, dan sutradara videoklip. Ria Irawan pernah menggarap videoklip Anggun C. Sasmi dan artis lainnya. Kemampuan fotografi Ria Irawan pun semakin meningkat setelah diarahkan oleh fotografer Ken Sanjaya dan Drigo L. Tobing. 

Ria Irawan sempat tinggal di Milan, Italia untuk mengenyam pendidikan kuliah jurusan desain grafis. Saat dirinya kembali ke Indonesia, Ia mendapat banyak tawaran film dan sinetron yang akhirnya membuat Ria Irawan menduduki puncak karier.

Pada tahun 2009, Ria Irawan didiagnosis mengidap kanker kelenjar getah bening. Ia memang berjuang untuk sembuh dari kankernya tersebut. Bahkan Ria Irawan harus mengorbankan rambutnya untuk menjalani kemoterapi. Ria Irawan menghembuskan napas terakhirnya di usia 50 tahun. Jenazahnya akan disemayamkan di Lebak Bulus. Selamat jalan Ria Irawan..

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Mauliyana Puspa Adityasari
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU