Kecelakaan Pesawat di Iran Jadi Catatan Terburuk Pertama Maskapai UIA

- Rabu, 8 Januari 2020 | 16:39 WIB
Salah satu mesin dari pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines yang jatuh setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini di Teheran pada 8 Januari 2020. (REUTERS/Iran Press)
Salah satu mesin dari pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines yang jatuh setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini di Teheran pada 8 Januari 2020. (REUTERS/Iran Press)

Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines (UIA) jatuh di Iran pada Rabu dan menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya, demikian disampaikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan stasiun TV pemerintah Iran.

Mengutip Antara, Kecelakaan itu dinilai menjadi peristiwa nahas pertama bagi UIA yang berbasis di Kiev. Reuters juga menyebut meski kerap mengalami kendala teknis UIA belum pernah sama sekali jatuh.

Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat, meski Kantor Berita Fars Iran merujuk pada masalah teknis tertentu.

UIA didirikan pada 1992 pasca runtuhnya Uni Soviet, pesawat-pesawat ini lantas dioperasikan oleh UIA, yang berbasis di bandara Boryspil Kiev.

Melalui situs UIA pihaknya mengaku telah mengantongi IOSA - sertifikat Audit Keselamatan Operasional IATA - yang berarti standar keselamatan dan operasionalnya secara komprehensif sejalan dengan persyaratan internasional.

Maskapai tersebut, yang melayani penerbangan domestik dan internasional, memilik armada yang terdiri atas 42 pesawat dan berbagai pesawat Boeing termasuk jenis 737-800 dan 737-900. Pihaknya juga mengoperasikan pesawat Embraer.

Kesulitan finansial memaksa pihaknya memangkas jaringan rute tahun lalu.

UIA sedang dalam proses upaya modernisasi armada miliknya dan telah memesan tiga pesawat Boeing 737 MAX, yang belum dikirim lantaran masalah keamanan yang berkelanjutan atas proyek MAX.
 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X