The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini 5 Fakta Diduga Bukti Skenario Pelengseran Gus Dur
Buku 'Menjerat Gus Dur' dan bukti terkait penggeseran Gus Dur di dalam buku. (photo/Twitter/@AkalBuku)
News

Ini 5 Fakta Diduga Bukti Skenario Pelengseran Gus Dur

Minggu, 12 Januari 2020 21:18 WIB 12 Januari 2020, 21:18 WIB

INDOZONE.ID - Buku berjudul 'Menjerat Gus Dur' ramai diperbincangkan. Ada beberapa fakta tentang kasus pelengseran Gus Dur yang diduga merupakan skenario dari beberapa elite politik. Ini faktanya!

pelengseran gus dur
Buku karangan Virdika Rizky Utama. (photo/Twitter/@AkalBuku)

1. Ditulis oleh Mantan Wartawan

Mantan wartawan Gatra, Virdika Rizky Utama, merupakan penulis buku ini. Berbekal sebuah dokumen rahasia yang tak sengaja ia temukan. Ia pun mewawancarai beberapa tokoh yang ada di dokumen tersebut.

2. Penemuan Bukti

Pada Oktober 2017, tak sengaja Virdika menemukan dokumen bercap confidential di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai Golkar di Jakarta Barat.

Dokumen itu ternyata berisi skenario elite politik Himpunan Mahasiswa Indonesia dalam melengserkan Gus Dur di tahun 2001.

"Ambil saja, Mas, ini juga mau dikiloin," ujar Alif si petugas kebersihan, yang ditulis Virdika dalam bukunya.

3. Bukti Tertulis


Spekulasi terkait penggeseran Gus Dur di tahun 2001 beredar. Namun tidak banyak bukti yang memperkuat spekulasi itu. Dan dokumen yang Virdika temukan merupakan bukti tertulis pertama yang memperkuat spekulasi publik.

4. Diterbitkan oleh NU Media Digital

Naskah Virdika sempat ditolak beberapa pernerbit karena tak ada yang berani menerbitkan. Sampai akhirnya naskah buku ini diterima dengan tangan terbuka oleh penerbit NU Media Digital. Tak heran jika di cetakan pertama, buku ini laris dibeli oleh sebagian besar orang NU sendiri.

5. Skenario Semut Merah

Buku ini juga dilengkapi dokumen penting, salah satunya Skenario Semut Merah. Skenario ini merupakan rencana yang digunakan untuk menjatuhkan kredibilitas Gus Dur lewat berbagai cara.

Aksi mahasiswa yang dikomandai beberapa tokoh politik, campur tangan dalam penyebaran berita di media massa, dan rekayasa menjatuhkan nilai tukar rupiah akan bisa kamu baca di dalam buku ini.

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US