Dokter Tirta Sarankan Masyarakat Pakai Masker Kain, Ini Alasannya
Kiri: Dokter Tirta (Instagram/@dr.tirta) / Kanan: Pekerja menyelesaikan pembuatan masker dari bahan kain katun combed (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
News

Dokter Tirta Sarankan Masyarakat Pakai Masker Kain, Ini Alasannya

Selasa, 31 Maret 2020 12:58 WIB 31 Maret 2020, 12:58 WIB

INDOZONE.ID - Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih akrab disapa dokter Tirta mengimbau masyarakat untuk memakai masker kain, di tengah kelangkaan masker medis saat ini.

Imbauan ini dia sampaikan usai melakukan rapat terbatas dengan staf khusus presiden, Adamas Belva Syah Devara.

Dokter Tirta menyebut bahwa penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengatakan setiap orang wajib memakai masker.

Namun, untuk masyarakat awam bisa memakai masker yang terbuat dari kain. Masker ini bisa mencegah virus yang dibawa oleh carrier.

"Ternyata masker-masker kain ini memang dia tidak bisa mencegah virus masuk but dia bisa mencegah virus yang dibawa oleh carrier adalah orang yang kena covid tapi gak bergejala, untuk menularkan, sebanyak 72%.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

"So, semua orang wajib memakai masker yang dari kain sehingga masker medis hanya digunakan untuk orang-orang tenaga medis." ujar dokter Tirta dalam percakapan yang beredar di grup Whatsapp.

Dokter Tirta mengatakan bahwa pemerintah meminta tolong kepadanya untuk mengajak influencer lain mengedukasi masyarakat untuk memakai masker kain.

"Pemerintah meminta tolong ke aku kemaren dia discuss sama aku dan aku setuju aku udah baca jurnalnya juga. Tolong beritahu ke semua influencer agar mengedukasi masyarakat untuk memakai masker yang kain dikarenakan dari penelitian yang terbaru dari CDC bahwa masker kain itu ternyata bisa mengurangi rate infection sampai 72%." tambahnya.

Masker kain ini juga bisa digunakan berkali-kali, tidak seperti masker medis. Masker kain dicuci sehari sekali menggunakan air panas dan deterjen. Warga bisa membeli lima masker kain untuk dipakai secara bergantian dari Senin-Jumat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US