Syarat Karantina Wilayah Jakarta: Alat Tempur Paramedis Terjamin
Tim medis mengenakan alat pelindung diri untuk mencegah terpapar virus corona (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho).
News

Syarat Karantina Wilayah Jakarta: Alat Tempur Paramedis Terjamin

Agar bisa maksimal.

Senin, 30 Maret 2020 13:16 WIB 30 Maret 2020, 13:16 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Zita Anjani, mengamini anjuran sejumlah pihak untuk mengarantina wilayah Ibu Kota. Tujuannya untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19). 

"Banyak para ilmuwan dan expert yang memberi opsi karantina wilayah. Menurut saya wajar-wajar saja. Kita berkaca pada negara-negara yang sudah menerapkan terlebih dahulu dan itu efektif," kata Zita di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Zita pun memberikan syarat mutlak kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebelum melakukan karantina wilayah, yakni memastikan ketersediaan 'peralatan tempur' paramedis. 

"Siapkan dan pastikan pasukan tempur kita terlebih dahulu, dalam hal ini dokter dan perawat. Pemerintah menjamin ketersediaan rumah sakit, laboratorium, dan ketersediaan alat perlengkapan diri (APD) yang sesuai standar bagi para tenaga medis. Bagaimana pasukan mau perang kalau tidak dibekali senjata yang bagus. Bisa tewas pasukan sebelum mulai perang," ujar Zita.

Pemprov DKI juga harus mempunyai data serta alat yang bisa mendeteksi warganya yang positif Covid-19. Zita juga meminta uji Covid-19 dilakukan secara harian, seperti yang diterapkan Korea Selatan, Singapura, dan Tiongkok.

"Itu semua bisa kita lakukan dengan test yang berkualitas atau SWAB test dan berlakukan itu di manapun. Agar pemerintah tidak sulit lagi mencari sana-sini siapa yang terjangkit dan tidak hanya menduga-duga," ujar Zita. 

"Pemerintah silakan kaji opsi karantina wilayah ini, apakah baik diterapkan di DKI Jakarta atau tidak, yang jelas kesiapannya harus ada. Warga insya Allah sudah siap dengan opsi apapun, termasuk pembatasan wilayah, tinggal pemerintah yang mulai menyiapkan persiapannya," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Ivanrida
Murti Ali Lingga

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US