Keputusan Larangan Mudik Lebaran Diputuskan 2 Hari Lagi

- Senin, 30 Maret 2020 | 15:04 WIB
Ilustrasi mudik lebaran 2020. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya).
Ilustrasi mudik lebaran 2020. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya).

Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi mengungkapkan hasil rapat kabinet terbatas yang membahas soal rencana pelarangan mudik pada Lebaran 2020, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). 

Jodi mengungkapkan, dalam rapat melalui video conference yang diselenggarakan hari ini dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), belum diputuskan rencana pelarangan mudik tersebut.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta kepada kementerian terkait untuk melakukan kajian kembali. Khususnya terkait dampak ekonomi yang berpotensi dihasilkan akibat kebijakan tersebut. 

"Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak, karena sebagian besar yang mudik ini adalah pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatannya di Jakarta," ujar Jodi di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Menurut Jodi, Presiden ingin melihat kesiapan jaring pengamanan sosial, sehingga ketika kebijakan lockdown terbatas itu dieksekusi, masyarakat kelas menengah kebawah yang merupakan pekerja sektor informal bisa tetap aman perekonomiannya. 

"Presiden ingin lihat, khususnya bagaimana kesiapan jaring pengaman sosial yang akan diberikan," tuturnya. 

Terakhir, Jodi mengungkap bahwa hasil kajian tersebut harus sudah selesai dalam waktu dua hari kedepan, sebelum nantinya kebijakan tersebut akan diputuskan oleh Presiden Jokowi.  

"Kajian diharapkan selesai dalam dua hari dan Presiden akan memutuskan," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X