Bungai Bangkai Ini Mekar dan Dijuluki 'Tanaman Mayat' di California, Tapi Terancam Punah

- Rabu, 3 November 2021 | 22:25 WIB
Bunga bangkai asal Indonesia yang terancam punah. (Photo/Sandiego Union Tribune)
Bunga bangkai asal Indonesia yang terancam punah. (Photo/Sandiego Union Tribune)

Bunga bangkai di Kebun Raya California Selatan belum lama ini mekar dan dijuluki sebagai 'tanaman mayat' karena memiliki bau daging busuk. Meski demikian, mekarnya bunga itu justru menarik banyak minat wisatawan untuk melihatnya.

Dilansir dari laporan The San Diego Union-Tribune, Rabu (3/11/2021), tanaman Amorphophallus Titanum itu mekar pada Minggu (31/10) lalu di San Diego Botanic Gardens, Encinitas. Setelah itu, pada Senin (1/11) pagi, tiket masuk telah terjual habis.

Tanaman Paling Bau dan Koleksi Bunga Terbesar

-
(Photo/Sandiego Union Tribune)

Menurut Live Science, dikutip pada Rabu (3/11/2021), bunga bangkai tidak hanya salah satu tanaman paling bau di Bumi, tetapi juga memiliki standar koleksi bunga terbesar di dunia.

Pemandangan mekar yang tak terduga membuat bunga misterius ini menjadi daya tarik pengunjung yang populer di kebun raya di seluruh dunia. Lebih dari 5.000 orang diperkirakan akan mengunjungi taman pada Selasa (2/11/2021). 

-
(Photo/Sandiego Union Tribune)

Dilaporkan bahwa mekarnya 'tanaman mayat' tersebut hanya berlangsung selama 48 jam dan pada puncaknya ia mengeluarkan bau busuk bak daging yang membusuk untuk menarik kumbang bangkai dan lalat daging yang membantu proses penyerbukannya.

Baca juga: 5 Mitos Bunga Kantil yang Sering Dianggap Mistis, Salah Satunya Favorit Kuntilanak

“Bau bangkai busuk yang mekar dari bunga yang begitu kental dan berat sehingga Anda bisa memotongnya dengan pisau,” kata John Connors, manajer hortikultura untuk San Diego Botanic Gardens, kepada Associated Press.

Tanaman Asal Indonesia yang Terancam Punah

-
(Photo/Sandiego Union Tribune)

Berasal dari hutan hujan Sumatera Barat, Indonesia, bunga bangkai terdaftar sebagai "terancam punah" di Daftar Merah Tanaman Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Ada kurang dari 1.000 tanaman tersebut yang diperkirakan tersisa di alam liar menurut laporan The United States Botanic Garden.

Menurut Proyek Eden, dilansir dari India Times, Rabu (3/11/2021), bunga bangkai membutuhkan waktu tujuh hingga sembilan tahun untuk mekar; beberapa bunga bangkai hanya mekar sekali setiap beberapa dekade.

Tidak seperti banyak tanaman, bunga bangkai tidak memiliki siklus mekar tahunan. Bunga bangkai hanya mekar ketika memiliki energi yang cukup untuk melakukannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X