Baru 37 Persen Pemudik dari Pulau Sumatera Kembali ke Jawa, Puncak Hari ini dan Besok

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 20:00 WIB
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa sampai saat ini jumlah pemudik yang balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa, baru 37 persen. Dengan demikian, masih ada sekirar 67 persen yang belum kembali. 

Budi memprediksi para pemudik akan kembali melalui penyebarangan pelabuhan Bakauheni-Merak dalam satu-dua hari mendatang.

“Sampai hari Sabtu pagi ini, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini," kata Budi dalam keterangannya saat meninjau Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu (7/5/2022).

"Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa," tambah Budi.

Baca Juga: Hingga H+3 Lebaran, 815 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek

Budi mengatakan, untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

“Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten,” jelas Budi.

Untuk mengendalikan lonjakan arus balik, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah. 

Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik 6 sampai dengan 8 Mei 2022, kebijakan lainnya yang telah dilakukan.

Mulai dari membolehkan para pekerja untuk cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

“Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring,” tandas Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X