The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Golkar Setujui Usulan Pemerintah yang Ingin Gelar Pemilu 2024 pada 15 Mei
Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
News

Golkar Setujui Usulan Pemerintah yang Ingin Gelar Pemilu 2024 pada 15 Mei

Disetujui Airlangga.

Selasa, 28 September 2021 16:12 WIB 28 September 2021, 16:12 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, partainya menyetujui usulan pemerintah terkait Pemilu 2024 yang digelar pada tanggal 15 Mei 2024.

Menurut Doli, Partai Golkar sudah menggelar rapat pleno. Di mana perihal tanggal Pemilu ini sudah dibahas sebanyak dua kali, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun menyetujui jika Pemilu di tanggal 15 Mei.

“Kami kemarin rapat, tadi malam rapat pleno, saya sampaikan di rapat pleno dan dua kali malah. Hari Sabtu rapat harian terbatas saya sampaikan juga, kemudian di tadi malam rapat pleno saya sampaikan, ketua umum setuju dan semua rapat menyatakan setuju tanggal 15 Mei,” ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2021).

Sejauh ini memang Pemilu yang diselenggarakan pada tanggal 15 Mei baru usulan pemerintah saja. Kedepan akan dibahas bersama Komisi II DPR perihal penetapan hari pencoblosan ini.

Menurut Doli yang juga Ketua Komisi II DPR RI, sejauh ini di Komisinya belum ada kesepakatan perihal usulan pemerintah tersebut.

Karena dalam waktu dekat akan digelar rapat Konsinyering guna membahas penetapan tanggal perhelatan Pemilu 2024 tersebut.

“Di komisi II secara resmi kan, mau kita bahas nanti di Konsinyering,” tandasnya.

Sebelumnya Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah mengusulkan agar Pilpres dan Pemilu 2024 digelar pada 15 Mei 2024.

Hal itu berdasarkan hasil rapat internal yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menko Polhukam, Menseskab Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan, di Istana, Jakarta, Senin (27/9).

BACA JUGA: Dalang Penembak Paranormal di Tangerang Bayar Eksekutor Rp60 Juta

Mahfud dalam pernyataan resminya dalam akun YouTube Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, menjelaskan pemerintah telah melakukan simulasi tentang tanggal pemilihan, pemungutan suara presiden, dan legislatif pada tahun 2024.

"Ada tiga pilihan tanggal pemilu, yakni 24 April, 15 Mei, 8 Mei atau 6 Mei," katanya dikutip dari Antara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US