Kapolri Perintahkan Itwasum Harus Tegas, Jangan Ragu Keluarkan Kartu Merah!

- Jumat, 17 Desember 2021 | 20:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigi Prabowo. (Foto: Dok Divisi Humas Mabes Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigi Prabowo. (Foto: Dok Divisi Humas Mabes Polri)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan agar jajaran Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri bekerja dengan tegas. Dia juga memerintahkan agar Itwasum Polri tidak ragu mengeluarkan kartu merah jika menemukan kesalahan di internal. 

Hal itu disampaikan Kapolri saat menghadiri rapat koordinasi analisa dan evaluasi Itwasum Polri di Yogyakarta hari ini. Dalam kesempatan itu, Kapolri mengibarkan Itwasum sebagai wasit di internal Polri.

"Ibarat suatu pertandingan olahraga rekan-rekan adalah seorang wasit yang mampu menjadi wasit yang tegas sehingga pertandingan bisa berjalan dengan baik, berjalan dengan fair, tidak ada pemain yang melakukan pelanggaran, offside atau bahkan kita ikut larut ke dalam salah satu klub pemain," kata Kapolri dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

BACA JUGA: Ungkap Kunci Angka Covid-19 Turun, Jokowi Ancam Copot Kapolda: Saya Titip Sama Kapolri

Kapolri menyebut sebagai wasit yang tegas agar tidak ragu untuk mengeluarkan kartu merah. Artinya, Kapolri meminta Itwasum untuk tegas.

"Sehingga pada saat waktunya melihat kapan ini harus diberikan kartu kuning. Rekan-rekan juga tidak ragu-ragu kapan diberikan kartu merah. Bahkan rekan-rekan juga bisa meminta pemain keluar," beber Sigit.

Lebih jauh pimpinan Polri ini kembali mengingatkan terkait peran Itwasum Polri yang memastikan agar Polri berjalan sesuai tugas pokoknya. Tugas pokoknya disebutnya antara lain melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Sehingga betul-betul bisa melaksanakan tugas pokoknya melindungi, melayani dan mengayomi secara profesional. Kemudian muncul kepercayaan karena pelayanan yang baik dan kemudian harapan kita kepuasan publik yang tentunya akan semakin meningkat. Kepercayaan publik akan semakin meningkat tentunya ini sangat baik untuk organisasi kedepan. Penting sekali kepercayaan dan kepuasan publik sehingga Polri hadir di lapangan betul-betul dicintai masyarakat," pungkas Sigit.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X