Momen Haru Penghormatan Terakhir Mayjen I Gusti Putu Danny: Rela Binasa Demi Ibu Pertiwi

- Selasa, 27 April 2021 | 13:58 WIB
Penghormatan terakhir Mayjen I Putu Danny oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Instagram)
Penghormatan terakhir Mayjen I Putu Danny oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Instagram)

Momen haru terekam saat pemberian penghormatan terakhir Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang gugur usai tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Tampak keluarga dan kerabat berkumpul dalam sebuah ruangan aula memperlihatkan foto Mayjen I Gusti Putu. Di sana ada ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dia tampak memberi hormat pada sosok Mayjen I Gusti Putu sebelum di makamkan di tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (27/4/2021).

Detik-detik penghormatan terakhir itu diunggah oleh Rizky Irmansyah yang merupakan ajudan pribadi Prabowo Subianto.

"Penghormatan terakhir Menteri Pertahanan RI Bapak Prabowo Subianto kepada Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, S.E," tulis Rizky dalam akun Instagramnya.

Tak lupa dia juga mengutip petikan hymne Kopassus yang dinyanyikan saat pemeberian penghormantan terakhir buat Mayjen I Gusti Putu,

“Demi Tuhan Kami ini berjanji, rela binasa Membela ibu pertiwi. Sudah janji kita semua, Lebih baik pulang nama daripada gagal di Medan laga”

Dia mengucapkan selamat jalan terhadap pejuang komando tersebut. "Tunai sudah janji bakti," katanya.

Upacara militer mengiringi prosesi pemakaman Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Karya Nugraha di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa.

Jajaran petugas membawa senjata laras panjang, seperti dilihat oleh Antara dari jauh, turun dari bis dan berbaris di depan pintu masuk TMP Kalibata.

Saat iring-iringan jenazah tiba dan akan masuk ke kompleks pemakaman sekitar pukul 10.00 WIB, terdengar suara dentuman sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny.

Perlu diketahui, prosesi pemakaman Kabinda Papua di TMP Kalibata dilakukan secara tertutup dan wartawan dilarang untuk meliput dari area pintu masuk, sayap kanan, dan kiri pemakaman. Alhasil, prosesi pemakaman hanya dapat diamati dari seberang TMP Kalibata.

Dari kejauhan, jenazah I Gusti Putu Danny dibawa masuk ke dalam kompleks pemakaman oleh anggota TNI diiringi oleh keluarga, kerabat, dan sejumlah anggota dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Keluarga dan anggota PHDI yang hadir ke pemakaman mengenakan pakaian sembahyang/adat Bali berupa kain dan kebaya.

Prosesi pemakaman berlangsung kurang lebih sekitar 40 menit mengingat pada pukul 10.44 WIB rombongan pelayat, baik dari satuan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara berjalan keluar kompleks pemakaman.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X