PLN Pulihkan Pasokan Listrik bagi 153 Desa Terdampak Seroja di Sumba

- Rabu, 21 April 2021 | 09:19 WIB
 Sejumlah petugas menggunakan peralatan untuk meperbaiki tiang listrik yang roboh akibat badai siklon tropis Seroja di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Senin (19/4/2021). (ANTARA/HO-PLN UP3 Sumba)
Sejumlah petugas menggunakan peralatan untuk meperbaiki tiang listrik yang roboh akibat badai siklon tropis Seroja di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Senin (19/4/2021). (ANTARA/HO-PLN UP3 Sumba)

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur telah memulihkan pasokan listrik bagi sebanyak 153 desa di Pulau Sumba yang rusak akibat terdampak badai siklon tropis Seroja.

"Hingga 20 April ada 153 desa yang sudah kami nyalakan kembali dengan total sekitar 33.200 pelanggan," kata Manajer PLN Unit Layanan Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumba Made Hary ketika dihubungi dari Kupang, Rabu (21/04), seperti dilansir Antara.

PLN UP3 Sumba mencatat akibat dari badai siklon tropis Seroja pada 5 April lalu mengakibatkan sebanyak 321 unit gardu yang tersebar di Pulau Sumba rusak.

Kerusakan tersebut berdampak pada padamnya listrik bagi sebanyak 35.738 pelanggan yang tersebar di 164 desa.

Hary mengatakan bahwa pihaknya langsung membentuk tim recovery pascabadai Seroja untuk bergerak melakukan upaya pemulihan pasokan listrik.

"Pasokan listrik mulai pulih secara bertahap. Sejak h+1 badai pasokan listrik untuk 74 desa bisa dinyalahkan dan hingga saat ini sudah 153 desa," katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa penormalan pasokan listrik masih terus diupayakan di lapangan karena masih belasan desa yang masih padam sejak badai Seroja.

Hal ini dikarenakan desa-desa itu terkena dampak lebih parah seperti akses jalan yang terputus dan berlumpur, serta tiang dan jaringan PLN tumbang terseret banjir seperti di wilayah Kamanggi, Tabundung, Waijelu, dan sebagian Melolo.

"Kami maksimalkan pada April ini sistem kelistrikan di Pulau Sumba bisa pulih semua. Mohon dukungan masyarakat agar ini bisa berjalan baik dan lancar di lapangan," katanya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X