Penerima Vaksin Pfizer Kemungkinan Membutuhkan Dosis Ketiga dalam Setahun

- Sabtu, 17 April 2021 | 13:16 WIB
Ilustrasi vaksin (REUTERS/Stephane Mahe)
Ilustrasi vaksin (REUTERS/Stephane Mahe)

Penerima vaksin Pfizer Covid-19 kemungkinan besar membutuhkan dosis ketiga dalam setahun, menurut CEO Pfizer Albert Bourla.

Dia mengatakan bahwa penerima vaksin mungkin juga perlu disuntik setiap tahun untuk menahan penyebaran virus.

“Skenario yang mungkin terjadi adalah kemungkinan akan ada kebutuhan untuk dosis ketiga, di suatu tempat antara enam dan 12 bulan, dan kemudian dari sana, akan ada vaksinasi ulang tahunan, tetapi semua itu perlu dikonfirmasi,” katanya, menurut ke NST.

"Sangat penting untuk menekan kumpulan orang yang rentan terhadap virus," lanjutnya.

Namun sampai saat ini belum bisa memastikan sudah berapa lama vaksin Covid-19 memberikan perlindungan kepada manusia terhadap infeksi Covid-19.

Dalam sebuah studi yang dirilis oleh Pfizer awal bulan ini, hasil menunjukkan bahwa suntikan vaksin Pfizer lebih dari 91% efektif dalam melindungi penerima agar tidak terinfeksi.

Namun, para peneliti mengatakan lebih banyak data diperlukan untuk menentukan apakah perlindungan bertahan setelah enam bulan.

Kepala tim tanggapan Covid-19 Presiden AS Joe Biden, David Kessler, mengatakan kepada Sub-komite Krisis Coronavirus DPR bahwa orang Amerika harus menerima suntikan pendorong untuk bertahan melawan varian Covid-19.

“Kami tidak tahu segalanya saat ini. Kami sedang mempelajari ketahanan respons antibodi,” katanya.

“Kelihatannya kuat tetapi ada beberapa penurunan dari itu dan tidak diragukan lagi tantangan varian,” lanjutnya.

Pada bulan Februari, Pfizer mengumumkan akan menguji dosis ketiga vaksinnya dalam upaya untuk mengekang infeksi Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X