Dualisme Biden: Bantu Rekontruksi Gaza dan Isi Ulang Iron Dome Israel

- Jumat, 21 Mei 2021 | 17:20 WIB
Joe Biden (REUTERS/TOM BRENNER)
Joe Biden (REUTERS/TOM BRENNER)

Presiden AS Joe Biden pada Kamis (20/5/2021) menjanjikan bantuan kemanusiaan dan rekonstruksi untuk Gaza. Namun ia juga akan mengisi kembali sistem persenjataan Israel.

Melansir Reuter, Biden muncul sebentar di Gedung Putih setelah berita tentang perjanjian gencatan senjata, juga berjanji untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel, meskipun ada keluhan dari Partai Demokrat tentang penjualan senjata Amerika Serikat (AS) yang tertunda ke Israel.

Sementara itu, ia mengatakan Amerika Serikat akan bekerja melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pemangku kepentingan internasional lainnya untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang cepat dan untuk mengumpulkan dukungan internasional bagi orang-orang di Gaza dan dalam upaya rekonstruksi Gaza.

Amerika Serikat mendapat kesan, lima atau enam hari yang lalu bahwa Israel bersiap untuk memulai fase penurunan setelah menghancurkan sebagian besar target Hamas yang telah ditetapkan untuk diserang, kata sumber  yang akrab dengan negosiasi di belakang layar.

Baca Juga: FOTO: Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Semarang

Pada saat itu, pejabat senior AS dari Biden mulai menekan Israel lebih kuat untuk deeskalasi dan gencatan senjata, kata sumber itu.

Pada Kamis, Israel memberi isyarat kepada pejabat presiden kesiapan untuk gencatan senjata, kata sumber itu.

Amerika Serikat memberi tahu Mesir, yang memberi tahu Hamas.
Kelompok militan Islam kemudian memberi tahu Mesir tentang kesiapannya untuk gencatan senjata, dan Mesir memberi tahu Amerika Serikat.

Teman bicara utama Mesir adalah kepala intelijen Kairo, kata sumber itu.

Apakah gencatan senjata itu akan bertahan merupakan perhatian utama, dengan Amerika Serikat tidak memberikan jaminan apa pun mengingat kekhawatiran akan serangan roket yang lebih acak dan ketegangan lain antara Israel dan Palestina, kata sumber itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X