Soal Masjid di DKI Jakarta yang Gelar Shalat Idul Adha, Anies: Rumah Sakit Sudah Penuh

- Selasa, 20 Juli 2021 | 17:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau rumah pemotongan hewan (RPH) Dharma Jaya, Jakarta, Selasa (20/7/2021). (photo/ANTARA/Yogi Rachman)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau rumah pemotongan hewan (RPH) Dharma Jaya, Jakarta, Selasa (20/7/2021). (photo/ANTARA/Yogi Rachman)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan kembali risiko penularan terkait masih adanya sejumlah masjid di Jakarta yang menggelar shalat Idul Adha berjamaah di masa PPKM Darurat.

Menurut Anies, para pengurus masjid di masing-masing wilayah Jakarta seharusnya menyadari tingginya risiko penularan COVID-19 pada situasi seperti sekarang ini.

"Saya berharap kepada semua sadari risiko penularan. Kita sama-sama mementingkan syariat terlaksana dengan baik tapi keselamatan juga tetap terjaga," kata Anies Baswedan di RPH Dharma Jaya, Jakarta, Selasa (20/7) dikutip dari ANTARA.

Anies mengatakan saat ini tingkat keterisian rumah sakit di Jakarta hampir penuh karena meningkatnya kasus positif COVID-19.

"Kepada pengurus masjid sadarilah rumah sakit sudah penuh. Jadi ini bukan dilarang saja, tempatnya kalau sakit sulit," ujar Anies Baswedan.

Baca juga: Imbas Lonjakan Kasus COVID-19, Brunei Larang Masuk Pendatang dari Indonesia

Untuk itu, Anies mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Seruan Gubernur nomor 11 tahun 2021 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha saat PPKM Darurat.

"Jadi saya mengingatkan bukan saja potensi penularan tapi kalau terpapar sakit risikonya tinggi sekali," tutur Anies Baswedan.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan terima kasihnya kepada warga Jakarta yang telah mematuhi Seruan Gubernur nomor 11 tahun 2021 seperti melaksanakan shalat Idul Adha di rumah hingga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Alhamdulillah warga Jakarta hari ini umumnya menaati anjuran untuk menyelenggarakan shalat Idul Adha di rumah. Kemudian kegiatan pemotongan dilakukan di RPH, kalau dilakukan kepanitiaan maka dikerjakan oleh panitia saja," ujar Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X