Mantap! Tim Robotik ITS Sabet 6 Penghargaan di Ajang WIRC 2021

- Selasa, 21 September 2021 | 10:19 WIB
Robot Sea Wasp karya mahasiswa ITS saat uji coba pengambilan kelereng sebagai objek bawah air laut. (Dok. Humas ITS)
Robot Sea Wasp karya mahasiswa ITS saat uji coba pengambilan kelereng sebagai objek bawah air laut. (Dok. Humas ITS)

Tim robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Banyubramanta, sabet 6 penghargaan di ajang nasional Underwater Robot Challenge - Wonderful Indonesia Robot Challenge ( WIRC) 2021 atas karyanya yang membuat robot bawah air.

General Manager Tim Banyubramanta ITS 2021-2022 Afrizal Pradana Firmansyah menyebut, dari 2 robot Banyubramanta yang dilombakan, robot Sea Wasp berhasil raih penghargaan di semua kategori kompetisi, dengan penghargaannya yang meliputi kategori Community Awareness,  Community Building, Running ROV (Remotely Operated Vehicle), People Choice, Most Popular Video, dan Most Education Value.

"Ini merupakan peningkatan dari tahun lalu yang hanya membawa pulang satu penghargaan," kata Afrizal, seperti dilansir dari laman resmi ITS, dikutip Selasa (21/9).

Robot Sea Wasp dikatakan Afrizal mengambil filosofi dari hewan lincah dan berbahaya di lautan. Robot itu memiliki kemampuan menghisap objek bawah air seperti sampah dalam laut. Kemampuannya itu dirancang untuk merespon bahwa masih banyaknya sampah dalam laut yang bisa merusak ekosistem di laut.

"Robot jenis ini sudah pernah ada sebelumnya, namun di ITS sendiri belum ada robot mini ROV yang dikompetisikan keluar kampus sehingga tim kami berinisiatif untuk membuatnya," kata Afrizal.

Afrizal mengatakan, robot Sea Wasp memiliki dimensi lebih besar dari robot keduanya, yakni robot Glaucus Atlanticus. Meski begitu, kedua robot mini ROV itu dirancang dengan cara kerja yang sama yakni dikontrol menggunakan wireless remote dengan sistem penggerak motor dan baling-baling (propeller).

Dalam membuat body robot, tim Banyubramanta membuatnya dari tempat makan plastik. Sementara untuk body frame yang berfungsi sebagai tempat motor penggerak robot yang diletakkan di bagian luar body, dicetak dengan 3D print menggunakan desain sendiri. 

Artikel Menarik lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X