Bus Tertabrak Kereta Api di Tulungagung Sebabkan 5 Orang Tewas, Begini Kronologinya

- Minggu, 27 Februari 2022 | 15:56 WIB
Bus tertabrak kereta api di Tulungagung. (ANTARA FOTO/Deny Trisdanto)
Bus tertabrak kereta api di Tulungagung. (ANTARA FOTO/Deny Trisdanto)

Sebuah bus sarat penumpang tertabrak kereta api Rapih Dhoho, di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Ketanon, Tulungagung, Jawa Timur. Korban tewas hingga saat ini berjumlah lima orang, Minggu (27/2/2022).

"Satu korban yang sempat dievakuasi ke RSUD dr. Iskak pagi tadi akhirnya meninggal dunia setelah sempat mendapat penanganan kedaruratan medis," kata Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto melansir Antara.

Empat korban lain meninggal lebih dulu di lokasi kejadian.

Para korban yang meninggal di lokasi kejadian semuanya adalah penumpang yang duduk di kursi belakang. Titik benturan pertama bus dihantam KA Rapih Dhoho yang melaju dari Stasiun Tulungagung menuju arah Kediri.

Mereka yang meninggal di lokasi kejadian ini adalah Intan Wulandari (20), Evi Mafidatul Afifah (32) Mustainah (50) dan Faizal Nuriansyah (20).

Baca juga: Jokowi Perintahkan Anak Buah Segera Bayar Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Rp25 Triliun

Sementara satu korban yang meninggal di IGD RSUD dr. Iskak diidentifikasi bernama Margono Hadi Santoso (20).

"Total ada 14 yang dirawat di IGD RSUD dr. Iskak, satu di antaranya meninggal saat dalam penanganan kedaruratan medis akibat cedera berat otak," kata dr. Furqon Ahmadi, dokter jaga di IGD RSUD dr Iskak Tulungagung.

Hingga berita ini ditulis, masih ada 12 korban yang di rawat di IGD (10 di Yellow Zone, dua di Red Zone), satu korban lain dilakukan tindakan operasi di ruang operasi terpadu dan satu korban luka ringan lainnya diizinkan pulang.

Kronologi

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto menjelaskan, kecelakaan KA Rapih Dhoho vs bus pariwisata PO Harapan Jaya terjadi sekitar pukul 05.00 WIB di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Ketanon, Kabupaten Tulungagung.

Saat itu sebenarnya ada tiga bus Harapan Jaya yang berangkat membawa karyawan toko plastik tak jauh dari lokasi kejadian, menuju arah Malang untuk berwisata di wahana wisata Jatim Park 5.

-
Bus tertabrak kereta api di Tulungagung. (ANTARA FOTO/Deny Trisdanto)

 

 
Bus pertama melintas dengan aman. Namun, giliran bus kedua masuk perlintasan, pada saat bersamaan melaju KA Rapih Dhoho dari arah selatan dengan kecepatan sedang.

Bus yang dikemudikan Septianto Dani Setiawan disebut saksi mencoba mempercepat laju bus.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X