Bukan Kena PHK, Pekerja Migran di Taiwan Malah Diberi Bonus dan Insentif Saat Pandemi

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 12:21 WIB
Para pekerja migran dapat tes swab gratis saat pandemi Covid-19 di Taiwan. (Istimewa)
Para pekerja migran dapat tes swab gratis saat pandemi Covid-19 di Taiwan. (Istimewa)

Bukannya dapat pemutusan hubungan kerja (PHK), para pekerja migran yang mengadu nasib di Taiwan malah mendapatkan bonus dan insentif menarik saat menjalani masa karantina pandemi Covid-19

Kebijakan ramah pada pekerja itu juga berlaku pada tenaga kerja migran asal Indonesia.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Taoyuan City Cheng Wen-tsan melalui suratnya yang dikirimkan ke redaksi Indozone.

Dalam surat tersebut sang Wali Kota menuliskan kalimat yang cukup menyentuh 'Selama Anda datang ke Taoyuan, Anda adalah keluarga kami.'

"Untuk menyediakan bantuan dan layanan belanja keperluan sehari-hari untuk pekerja migran, sekaligus menawarkan pemberian hadiah dengan cara misalnya menyediakan makanan di hari libur, layanan channel TV dan internet, pemberian bonus agar selama hari libur di masa pandemi para  pekerja migran tidak keluar dan tetap berada di asrama," kata Cheng Wen-tsan Wali Kota Taoyuan pada Indozone, Jumat (13/8/2021).

-
Walikota Taoyuan City Cheng Wen-tsan (kanan). (Istimewa)

 

Pesan itu kata Cheng sangat jelas disampaikan kepada pengguna jasa (majikan) dan agen tenaga kerja di Taoyuan.

Cheng mengatakan Taoyuan City adalah kota yang terletak di bagian utara Taiwan, juga disebut "pintu masuk Taiwan".

"Setiap teman dari Indonesia yang datang ke Taiwan, pasti terlebih dahulu menginjakkan kaki di kota ini," sebutnya.

Lebih dari 30 ribu "warga baru" datang menetap di Taiwan dengan alasan pernikahan, serta 260 ribu "pekerja migran" datang untuk bekerja di Taiwan. Taoyuan adalah kota dengan jumlah pekerja migran terbanyak di Taiwan.

"Pada bulan Mei tahun ini, Taiwan mengalami serangan gelombang pandemi COVID-19 yang cukup parah. Taoyuan menyadari bahwa pekerjaan dan kehidupan sehari-hari pekerja migran berlangsung antara pabrik dan asrama," katanya.

Maka dari itu, guna mencegah pekerja migran terinfeksi COVID-19 selama masa pandemi ini, Taoyuan menggelar "Program Rencana Menjaga Keselamatan" untuk menjaga kelanjutan pengoperasian pabrik serta kesehatan & keselamatan pekerja migran.

-
Fasilitas kesehatan di Kota Taoyuan. (Ist)

 

Strategi swab test Covid-19 secara menyeluruh dilakukan terhadap pekerja migran di Taoyuan. Hingga saat ini, jadwal swab test telah selesai dilaksanakan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X