Pakai Helikopter, Puan Maharani Tinjau Larangan Mudik di 3 Provinsi Ini

- Minggu, 9 Mei 2021 | 15:00 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)

Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau pelaksanaan larangan mudik di tiga provinsi, Minggu (9/5/2021). Ini kali kedua Puan mengecek langsung arus mudik, sejak persiapan hingga pelaksanaan mulai 6 Mei lalu.

Ketiga provinsi yang dikunjungi Puan adalah Lampung, Banten, dan Jawa Tengah. Ia berharap pelaksanaan di lapangan sesuai harapan demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Mari kita menunda mudik demi kebaikan bersama," ucap Puan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Indozone, Minggu (9/5/2021).

Puan akan menempuh perjalanan ketiga provinsi itu menggunakan helikopter. Fokus lokasi yang bakal didatangi, bersama Ditlantas Polda tiap daerah, adalah posko-posko penyekatan kendaraan.

"Kami ingin ada evaluasi berdasarkan pelaksanaan kebijakan tiga hari terakhir," terangnya.

Lokasi pertama yang akan didatangi politisi PDI Perjuangan itu adalah Pelabuhan Bakauheni, di Provinsi Lampung. Setelah itu peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

Seusai dari Banten, mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu akan bergeser ke Brebes, Jawa Tengah. Dari sana, Puan akan meninjau aktivitas penyekatan pemudik di Tol Pejagan.

Menurutnya, efektivitas peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini hanya bisa dicapai dengan kebersamaan dan kedisiplinan semua pihak, yakni bukan hanya petugas dan dukungan pemerintah daerah, tetapi juga kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menahan diri tidak mudik demi mencegah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA: Masih Ada Pemalsuan Dokumen Demi SIKM, Pelaku Terancam Sanksi 12 Tahun Penjara

"Butuh konsistensi untuk melaksanakan aturan pelarangan mudik sampai arus balik. Pemda ikut membantu program ini, terutama memantau dan tracking pemudik yang pulang sebelum ada aturan pelarangan agar tidak ada penyebaran Covid-19," paparnya

Diketahui, pada 5 Mei 2021, Puan telah mengecek persiapan pelaksanaan penyekatan arus mudik di beberapa titik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ia menegaskan, DPR RI akan terus mengawasi pelaksanaan larangan mudik, dan aparat di lapangan harus bertugas dengan humanis namun tetap tegas.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X