Sandiaga Uno Berharap Uji Coba Pembukaan Bioskop Bisa Gerakkan Industri Film

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:09 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meninjau bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, Jakarta, Minggu (3/10).  (photo/ANTARA/HO-Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meninjau bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, Jakarta, Minggu (3/10). (photo/ANTARA/HO-Kemenparekraf)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap uji coba pembukaan bioskop di sejumlah wilayah yang telah menerapkan PPKM level 2 dan 3 dapat menggerakkan roda perekonomian pelaku industri film.

“Mudah-mudahan uji coba pembukaan bioskop ini bisa membangkitkan kembali ekosistem bioskop dan film-film nasional,” kata Menpararekraf saat meninjau Bioskop XXI di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur, sebagaimana tertera dalam keterangan pers, Minggu (3/9) dikutip dari ANTARA.

Pelaku industri ekonomi kreatif, khususnya perfilman menurut dia, mengalami dampak signifikan akibat pandemi. Padahal, selama ini perfilman menjadi subsektor yang cukup menjanjikan dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Diketahui, pada 2019, kontribusi industri film terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional sebesar Rp15 triliun.

Baca juga: Bikin Terharu, YouTuber Jerome Polin Ungkap Kerinduan kepada Orangtua Lewat Billboard

Demi menjalankan roda perekonomian pelaku industri film, pemerintah tengah melakukan pelonggaran terhadap berbagai aktivitas masyarakat, termasuk pembukaan kembali bioskop per 16 September 2021.

Uji coba ini juga diiringi tahapan evaluasi yang dilakukan secara berkala.

“Seperti refreshment ini juga kami akan evaluasi, seandainya memang sudah ada persetujuan dari Satgas (Satuan Tugas) COVID-19 dan teman-teman dari sisi kesehatan akan kami pertimbangkan untuk dievaluasi,” ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X