Berikut Daftar Kegiatan Pemprov DKI di Stadion JIS: Gelar Jazz Festival hingga Salat Id

- Minggu, 3 April 2022 | 12:00 WIB
Dua warga duduk di tepi Waduk Cincin dengan latar belakang pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA/Aprillio Akbar)
Dua warga duduk di tepi Waduk Cincin dengan latar belakang pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA/Aprillio Akbar)

Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan sejumlah kegiatan Bulan Ramadhan dan salat Idul Fitri 1443 H. Rangkaian acara ini dilakukan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan yang tahun ini masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Provinsi DKI Jakarta, Gunas Mahdianto menyatakan akan diselenggarakan beragam kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

Menurut Gunas, kegiatan tersebut nantinya akan dilakukan dengan kolaborasi antar OPD Provinsi DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta.

“Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadhan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Kami berharap kegiatan ini mampu memantik semangat masyarakat untuk tetap lebih khusuk ibadah, meningkatkan ukhuwah, dan menyemarakkan bulan Ramadhan," ucapnya, Minggu (3/4/2022).

"Selain itu ada juga kegiatan amal yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi antarsesama,” tambah Gunas Mahdianto.

BACA JUGA: Harga Pangan di Jakarta Diprediksi Naik Hingga 40,35 Persen Jelang Lebaran 2022

Berikut adalah ragam kegiatan untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H yang digelar Pemprov DKI:

  1. Munggahan Ramadhan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022.
  2. Ornamen Ramadhan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadhan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta.
  3. Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada tanggal 11-24 April 2022.
  4. Ramadan Market Festival di setiap Kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil.
  5. Wisata Religi Spesial Ramadhan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.
  6. Rangkaian kunjungan Gubernur ke masjid/pondok pesantren, dan sebagainya.
  7. 30 hari khatam Alquran, berlomba mengumpulkan pahala dan kebaikan dengan mengkhatamkan Alquran bersama aparatur wilayah, kolaborator, dan masyarakat umum selama bulan Ramadhan.
  8. Kolaborasi kebaikan berbagi hidangan buka puasa, dengan menyediakan setiap hari minimal 50.000 (lima puluh ribu) bungkus yang dibagikan ke masjid, mushola, halte Transjakarta, dan ruang publik lainnya, pada tanggal 2 April – 1 Mei 2022.
  9. Duta Imam Salat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Salat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April – 1 Mei 2022.
  10. Kegiatan kolaborasi masyarakat, mendukung dan mengkolaborasikan kegiatan yang diinisiasi Lembaga Keagamaan Islam selama bulan Ramadhan.
  11. Festival Malam Takbiran di Jakarta International Stadium pada malam lebaran.
  12. Salat Idul Fitri 1443 H di jakarta International Stadium.

Kegiatan ini dilakukan dengan kolaborasi lintas OPD Provinsi DKI Jakarta dan BUMD seperti PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), PT Jakarta Propertindo, PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, PT Bank DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT LRT, PT MITJ, dan Perumda Pasar Jaya.

Kolaborasi juga dilakukan dengan ormas Islam, swasta, dan masyarakat luas. Untuk info lebih lengkap dan jadwal acara lebih lanjut, dapat diakses melalui instagram @ramadandijkt.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X