Menko Luhut Minta Percepat Pembangunan BTS, Pacu Digitalisasi 30 Juta UMKM

- Jumat, 18 Juni 2021 | 11:16 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (ANTARA/Sugiharto Purnama)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta percepatan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk mencapai target 30 juta unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masuk pasar digital (onboarding) pada 2023.

"Sekarang UMKM yang onboarding kita sudah mencapai 13-14 juta unit, jadi masih ada setengah lagi untuk tiga tahun ke depan," kata Menko Luhut dalam acara puncak acara Kilau Permata Digital Flobamora sebagai bagian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Labuan Bajo, NTT, Jumat (18/06), seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia dan untuk itu perlu adanya gerakan cepat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menambah jumlah BTS.

Menko Luhut menilai Gernas BBI yang sudah berjalan cukup bagus dengan dengan peran Kemenkominfo lewat Bakti dan Telkom yang mempunyai kekuatan percepatan digitalisasi di berbagai daerah.

"Saya masih ingat ketika setahun lebih yang lalu ketika gerakan ini diluncurkan, banyak yang pesimistis, ini hanya gaya-gayaan, tetapi sekarang sudah menjadi gerakan nasional dan gerakan hidup kita," kata Menko Luhut.

Lebih lanjut, ia mengajak kepada semua pihak atau instansi dari tingkat pusat hingga daerah serta pelaku UMKM supaya berkolaborasi mewujudukan target onboarding UMKM tersebut.

"Saya berharap untuk kita bekerja bersama-sama dan bagi seluruh compaign manager, e-commerce, pemerintah daerah, saya ingatkan sekali lagi mari kita fokus pada target yang ditetapkan," ujar Menko Luhut.

Acara puncak Kilau Permata Digital Flobamora di Labuan Bajo digelar secara tatap muka dalam jumlah terbatas serta virtual. Turut hadir secara langsung Menteri Komunikasi dan Informati Jhonny G Plate, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edi Endi dan jajaran, serta para pelaku UMKM dan berbagai stakeholder.

Sementara hadir secara virtual Wakil Presiden RI Ma-Ruf Amin, Gubernur Bank Indonesia, serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang turut memberikan sambutan dan apresiasi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X