The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Profil Agung Suprio: Sudah 2 Tahun Menjabat Ketua KPI Pusat, Biodata dan Perjalanan Karir
Ketua KPI Pusat Agung Suprio (Instagram/agung_suprio)
News

Profil Agung Suprio: Sudah 2 Tahun Menjabat Ketua KPI Pusat, Biodata dan Perjalanan Karir

Jumat, 10 September 2021 13:33 WIB 10 September 2021, 13:33 WIB

INDOZONE.ID - Nama Agung Suprio tengah menjadi perbincangan khalayak ramai. Diketahui, dia merupakan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

Jabatan itu ditanggungjawabinya sejak 2019 dan akan berakhir pada 2022 mendatang. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Komisioner KPI Pusat periode 2016 hingga 2019.

Agung Suprio semakin dikenal masyarakat luas setelah merebaknya kabar dugaan perundungan dan pelecehan seksual terhadap seorang pegawai di KPI Pusat.

ketua kpi pusat agung suprio
Agung Suprio tampil dalam podcast di kanal YouTube Dedy Corbuzier (Istimewa)

Kemudian, dia tampil di dalam video podcast kanal YouTube Dedy Corbuzier pada Kamis (9/9/2021). Video bincang-bincangnya bersama Dedy itu telah ditonton jutaan orang.

Biodata dan perjalanan karier

Agung Suprio lahir di Jakarta pada 2 September 1975.

Perjalanan kariernya dimulai saat dia menempuh pendidikan Ilmu Politik di Universitas Indonesia pada 1994 dan lulus pada 2001.

Saat duduk di bangku kuliah, Agung Suprio dikenal sebagai sosok mahasiswa yang cukup aktif. Berbagai organisasi diikuti kala itu.

Pada 1999, dia menjabat sebagai Koordinator Nasional di UNFRELL (University Network For Free and Fair Election), sebuah lembaga pemantau pemilu demokratis pertama sejak masa Orde Baru berbasiskan perguruan tinggi dari Aceh sampai Papua.

Pada 2000-2001, dia menjadi anggota Badan Pekerja Cetro (Center for Electoral Reform) bersama beberapa tokoh nasional lainnya, yakni almarhum Nurcolish Madjid dan Todung Mulya Lubis.

Di 2001, dia bersama koleganya mendirikan Vilters (Center for Civil Military Studies), yang merupakan obsesinya dalam merealisasikan skripsi di bidang Ilmu Politik tentang hubungan sipil-militer di era baru.

Setelah menamatkan pendidikan sarjana, dia melanjutkan pendidikan magister Ilmu Politik di universitas yang sama. Pada waktu itu, dia didapuk menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa dan Alumni Pasca Sarjana Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Saat masih duduk di bangku kuliah, Agung juga menjadi penyiar radio di sejumlah frekuensi, yakni MS 3 FM pada 1999-2001. Lalu Smart FM pada 2001.

Pada 2015, Agung Suprio menjabat sebagai direktur eksekutif Indonesia Public Policy Intitute (IPPI).  Kemudian dia terpilih menjadi penyiar tamu di TVRI dalam acara 'titik temu' pada 2016.

Karir Agung Suprio di KPI dimulai dari saat dia menjadi Komisioner KPI Pusat sebagai Koordinator bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran.

Lalu pada 2019, dia terpilih menjadi Ketua KPI Pusat. Jabatan itu akan berakhir pada 2022 mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US