Ringankan Peradangan, 2 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Jalani Operasi Angkat Jaringan

- Jumat, 10 September 2021 | 15:04 WIB
Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)
Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Sebanyak 2 narapidana berinisial N dan H yang menjadi korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang menjalani tindakan operasi debridement atau pengangkatan jaringan-jaringan yang mengalami kerusakan dan infeksi disebabkan luka bakar.

Tindakan medis itu dilakukan untuk meringakan peradangan luka pada korban yang mengalami luka bakar mencapai 90 persen.

"Operasi dimaksud ini debridement yaitu pembersihan luka, pengangkatan jaringan-jaringan yang sudah kebakar. Dan itu tujuannya untuk meringankan peradangan pada pasien," kata Kepala Instalasi Hukum, Publikasi dan Informasi (HPI) RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani dilansir Antara, Jumat (10/9/2021).

Hilwani menuturkan saat ini para dokter bedah RSUD Kabupaten Tangerang telah melakukan operasi pengangkatan jaringan mati pada luka bakar pasien.

"Yang pasti semuanya pada kasus luka bakar ini tindakan lanjutnya kami akan operasi pembersihan luka," ujarnya pula.

Dia mengungkapkan operasi debridement yang dilakukan oleh pihaknya tersebut, selain untuk mengurangi peradangan, juga bertujuan agar luka bakar yang dialami pasien bisa segera sembuh dari masa-masa kritisnya.

"Sehingga diharapkan nantinya luka bakar pasien bisa segera sembuh dan pulih kembali," katanya.

Dia menambahkan bahwa kini yang menjalani perawatan secara intensif di RSUD Kabupaten Tangerang berjumlah tujuh orang. Lima di antaranya masih dalam kondisi kritis.

Adapun inisial dari 7 pasien dalam perawatan tersebut adalah Y (33), H (43), N (34), I (27), M (44), dan S (35) serta T (50). Semua pasien itu telah ditangani dan diawasi oleh tim dokter dari RSUD Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya, tiga dari 10 pasien korban kebakaran Lapas Tangerang yang dirawat di RSUD Kabupaten Tangerang telah meninggal dunia. Kini tinggal sebanyak 7 pasien yang masih dalam perawatan.

Sehingga, dari total 41 korban meninggal akibat peristiwa kebakaran tersebut telah bertambah menjadi 44 orang meninggal dunia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X