The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Di Depan Joe Biden, Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga! 
Kiri: Presiden Joko Widodo, Kanan: Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Instagram/@jokowi)
News

Di Depan Joe Biden, Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga! 

Minggu, 15 Mei 2022 12:39 WIB 15 Mei 2022, 12:39 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan untuk menghentikan perang di Ukraina sekarang juga. Hal itu disampaikannya di depan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada KTT Khusus ASEAN-AS yang digelar di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC. 

Menurutnya, perang di Ukraina telah menciptakan tragedi kemanusiaan dan memperburuk perekonomian dunia. Kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi telah terjadi, sangat memperberat perekonomian dan memperlambat pencapaian SDGs di negara berkembang dan kurang berkembang. 

“Saat dunia seharusnya segera pulih dari pandemi Covid-19, dunia menghadapi masalah baru, perang di Ukraina," ucap Jokowi dalam keterangannya yang dikutip, Minggu (15/5/2022). 

"Saat dunia membutuhkan kerja sama dan kolaborasi, justru rivalitas dan konfrontasi makin menajam. Saat dunia membutuhkan multilateralisme yang makin kokoh justru unilateralisme yang makin mengemuka,” tambahnya. 

BACA JUGA: Elon Musk Siap Datang ke Indonesia pada November 2022 untuk Penuhi Undangan Jokowi

Lebih lanjut, Kepala Negara tersebut juga mengatakan bahwa perang di Ukraina telah melemahkan multilateralisme dan berpotensi memecah belah hubungan antar negara. 

“Perang tidak akan menguntungkan siapa pun. Dunia tidak memiliki pilihan lain kecuali menghentikan perang sekarang juga," ungkap Jokowi. 

"Setiap negara, setiap pemimpin memiliki tanggung jawab untuk menciptakan enabling environment agar perang dapat dihentikan, perdamaian dapat terwujud,” tandasnya. 

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Khusus ASEAN-AS yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Edi Hidayat
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US