European Medicines Agency Menegaskan Tak Ada Bukti untuk Menghentikan Vaksin AstraZeneca

- Kamis, 1 April 2021 | 11:09 WIB
Ilustrasi suntikan vaksin covid-19 (REUTERS/Andrew Couldridge)
Ilustrasi suntikan vaksin covid-19 (REUTERS/Andrew Couldridge)

Vaksin virus corona AstraZeneca aman dan tidak boleh dibatasi pada populasi mana pun, menurut regulator obat-obatan Eropa.

European Medicines Agency (EMA) mengatakan 'tidak ada bukti' untuk menghentikan penggunaan vaksin tersebut.

Beberapa negara Eropa telah menangguhkan peluncuran vaksin mereka setelah kekhawatiran pembekuan darah, dan Jerman sekarang telah menangguhkan penggunaannya untuk mereka yang berusia di bawah 60 tahun karena kekhawatiran terkait dengan pembekuan darah yang langka.

Membuat keputusan kontroversial meskipun tinjauan EMA terhadap data keamanan meyakinkan bahwa itu aman dan manfaat vaksin melebihi risikonya.

-
Ilustrasi suntikan vaksin (REUTERS)

Direktur eksekutif EMA, Emer Cooke, telah menegaskan kembali keamanan vaksin hari ini ketika komite keamanan badan tersebut bertemu lagi untuk membahas peninjauan yang sedang berlangsung terhadap kasus-kasus pembekuan darah yang sangat jarang yang terkait dengan jumlah trombosit yang rendah.

Badan kesehatan tersebut membuktikan vaksin menyebabkan pembekuan, tetapi mengatakan itu 'mungkin' dan analisis lebih lanjut ke faktor risiko yang mendasarinya terus berlanjut.

Negara-negara Eropa yang menangguhkan vaksin telah menghadapi kritik, karena jajak pendapat publik menunjukkan penurunan kepercayaan pada jab bahkan setelah pihak berwenang menyatakan aman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X