Ternyata Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan Sudah Pernah 3 Kali Terbakar

- Senin, 29 Maret 2021 | 12:56 WIB
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA/Dedhez Anggara)
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA/Dedhez Anggara)

Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat, kembali mengalami kebakaran hebat pada Senin (29/3/2021) dini hari. 

Ternyata kilang Balongan ini pernah juga mengalami kebakaran sebelumnya. Setidaknysa sudah tiga kali, termasuk yang terjadi hari ini.

Berikut kompilasi kebakaran yang terjadi di kilang minyak Balongan.

1. Pernah Terbakar di 2007.

-
Ilustrasi kebakaran di kilang minyak Pertamina. (Instagram/@infojawabarat).

Berdasarkan beberapa sumber, kilang Balongan ternyata pernah terbakar pada Oktober 2007 lalu. 

Saat itu, insiden tersebut sempat mengganggu fasilitas pembuangan limbah. Namun, api yang menyebar tidak sampai merusak fasilitas produksi.

2. Kebakaran di fasilitas pemasok pada 2019.

-
Ilustrasi kebakaran di kilang minyak Pertamina. (Instagram/@infojawabarat).

Selanjutnya, kebakaran juga pernah terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan pada pada 4 Januari 2019 lalu. Kebakaran tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak (kilang) Balongan, Jawa Barat.

Baca Juga: Bertrand Antolin Syok Dengar Insiden Bom di Gereja Makassar, Kecam Tindakan Terorisme

Menurut pihak Pertamina, fasilitas yang terbakar merupakan boiler penyuplai gas, untuk mendukung kegiatan kilang Balongan. Fasilitas yang terbakar tersebut berada di dekat kilang Balongan, tapi letaknya di luar komplek kilang.

Kebakaran tersebut tidak berlangsung lama, karena bisa diatasi dalam 20 menit dan tidak ada korban jiwa. Namun, untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

3. Kebaran pada 29 Maret 2021 dini hari.

-
Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. (ANTARA/Dedhez Anggara).

Usai kejadian pada 2019 lalu, kebakaran dasyat kembali terjadi di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, di mana telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti. Namun, pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X