Jelang Pelantikan Kapolri Baru, IPW Harap Komjen Listyo Jadi Ikon Anti Diskriminasi

- Rabu, 27 Januari 2021 | 08:35 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR)
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR)

Pelantikan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri bakal digelar hari ini. Indonesian Police Watch (IPW) berharap sosok Kapolri baru bakal menjadi ikon anti diskriminasi di tubuh Polri.

"Dengan dilantiknya Sigit, IPW berharap mantan Kabareskrim itu bisa menjadi ikon anti diskriminasi di tubuh Polri," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Neta menilai Listyo Sigit cocok menjadi ikon anti diskriminasi di tubuh Polri. Sebab, sosok Listyo yang notabene non muslim kini bisa menjabat sebagai Kapolri.

"Selama ini sulit sekali bagi pati non muslim untuk memegang jabatan tertentu di Polri. Bahkan selama Indonesia merdeka dan selama Polri berdiri, baru dua kali Kapolri dijabat pati non muslim yakni Widodo Budidarmo kerabat Ibu Tien dan Listyo Sigit mantan ajudan Jokowi. Dan Sigit berhasil lolos dari lubang jarum diskriminasi di tubuh kepolisian," beber Neta.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memilih Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri tunggal menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Dalam fit and proper test, Komisi III DPR RI juga sudah menyetujii Listyo sebagai Kapolri.

Hari ini pun merupakan hari pelantikan Listyo menjadi Kapolri. Di Mabes Polri sendiri juga akan berlangsung acara serah terima jabatan Kapolri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X